counter

Perpindahan ibu kota negara dorong perdagangan antarwilayah

Perpindahan ibu kota negara dorong perdagangan antarwilayah

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) RI Bambang Brodjonegoro. (ANTARA) (Muhammad Zulfikar)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, mengatakan perpindahan ibu kota negara ke luar Pulau Jawa akan mendorong perdagangan antarwilayah di Tanah Air.

"Ini merupakan salah satu dampak positif pemindahan ibu kota, tentunya mendongkrak pertumbuhan ekonomi di berbagai daerah," kata dia, di Kantor Bappenas, Jakarta, Rabu, pada kegiatan dialog II pemindahan Ibu Kota Negara.

Perdagangan antarwilayah tersebut kata dia, tidak hanya antara Jakarta dan Pulau Jawa atau daerah lain, tapi juga mendorong perdagangan ke seluruh provinsi.

Berdasarkan hitungan Kementerian PPN, lebih dari 50 persen wilayah Indonesia akan merasakan peningkatan arus perdagangan jika ibu kota jadi dipindahkan ke provinsi yang memiliki konektivias baik dengan provinsi lain.

Selain itu, pemindahan ibu kota ke luar Pulau Jawa akan mendorong pertumbuhan investasi di provinsi ibu kota yang baru beserta provinsi sekitarnya.

"Terutama ini akan berdampak pada investasi di bidang jasa," kata Bambang.

Sebagai contoh, studi yang dilakukan pada 2015 tentang dampak pemindahan Ibu Kota Brasil dari Rio De Janeiro ke Brasilia. Berdasarkan hasil studi tersebut, pemindahan Ibu Kota Brasil tidak menimbulkan kerugian ekonomi pada ibu kota asal.

Sementara, Ibu Kota Brasilia mengalami dampak positif yang signifikan yaitu di 10 tahun pertama pascapemindahan ibu kota pertumbuhan penduduk per tahun 14,14 persen.

Kemudian, efek penciptaan lapangan kerja sebesar 1,7 persen. Artinya 1,7 persen pekerjaan swasta tercipta dari sekian penambahan pekerjaan di sektor publik.

Berdasarkan studi tersebut, pemerintah menyimpulkan perkiraan hitungan output multiplier dari pemindahan ibu kota baru terhadap perekonomian nasional sebesar 2,3 persen.

"Jadi setiap satu rupiah penambahan output atau investasi akan menambah output sebesar 2,3 rupiah," ujar dia.

Baca juga: Bambang Brodjonegoro: pemindahan ibu kota tambah PDB 0,1 persen
Baca juga: Bappenas estimasi biaya pemindahan ibukota dari APBN Rp30,6 triiliun
Baca juga: Bappenas: Pemindahan Ibu Kota Negara RI masuk RPJMN 2020-2024

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Perjalanan upaya Pemerintah RI pindahkan ibu kota

Komentar