counter

Futuria, inovasi Telkomsigma kenalkan budaya Indonesia di era digital

Futuria, inovasi Telkomsigma kenalkan budaya Indonesia di era digital

Telkomsigma (telkomsigma.co.id)

Jakarta (ANTARA) - Telkomsigma merilis inovasi teknologi digital "Futuria" sebagai sarana untuk mengenalkan budaya dan karya seni Indonesia di era Industri 4.0.

“Futuria sebuah inovasi yang mampu memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai budaya Indonesia dengan memanfaatkan sederet teknologi berbasis 4.0 yang seluruhnya diimplementasikan oleh Telkomsigma," kata CEO Telkomsigma, Sihmirmo Adi dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Futuria secara resmi akan diluncurkan bersamaan dengan penyelenggaraan Jateng Fair 2019 di Pusat Rekreasi Promosi Pembangunan (PRPP) Semarang, Jawa Tengah pada 28 Juni-14 Juli 2109.

Sihmirmo menjelaskan, Futuria dikemas secara instagrammable dengan unsur kekinian ala milenial melalui berbagai teknologi untuk menyajikan "the real digital experience" melalui cara baru yang interaktif.

Arena Futuria di Jateng Fair 2019 menjadi terobosan dan kolaborasi berbagai perangkat otomasi berbasis teknologi 4.0 yang dapat dirasakan oleh pengunjung melalui pengalaman teknologi diantaranya Internet of Things (IoT), Augmented Reality yang menggabungkan benda maya dua dimensi ataupun tiga dimensi dengan area desa wisata digital Futuria.

Pengunjung juga mampu merasakan dan berkomunikasi dengan teknologi virtual assistance yang akan mengiringi pengunjung pada Taman Budaya Raden Saleh.

Instalasi seni digital yang disajikan Futuria menggambarkan suasana desa wisata dan seni masa depan melalui hadirnya gamelan play, teknologi virtual reality, yang akan membawa pengunjung pada nuansa desa digital.

Secara kreatif, teknologi kota pintar juga dapat dirasakan pengunjung dengan aplikasi e-Fishery sebagai cara inovatif untuk melakukan budidaya ikan, juga pengairan tanaman melalui aplikasi e-hydroponic.

"Dengan menyasar segmen milenial kreatif, culture enthusiast, dan pengguna aktif media sosial, Futuria didesain untuk menjadi wadah kreatifitas yang memiliki nilai budaya bagi masyarakat luas," ujar Sihmirmo.

Ditambahkannya, kreasi digital experience melalui Futuria menjadi salah satu wujud realisasi perusahaan sebagai pilar digitalisasi TelkomGroup.

Futuria juga menjadi salah satu upaya serius telkomsigma dalam memajukan digital entertainment di Indonesia, setelah resmi terdaftar sebagai anggota International Association of Amusement Park (IAAPA) sejak tahun 2018.
Baca juga: Telkomsigma siapkan solusi bagi perbankan dalam menerapkan PSAK71
Baca juga: Telkomsigma raih sertifikasi tingkat internasional
Baca juga: Telkomsigma klaim punya data center "Always On"

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Perusahaan Asuransi BUMN harus siap hadapi era Industri 4.0

Komentar