counter

Piala Afrika

Nigeria sudah lolos tapi pelatih bertekad amankan posisi puncak Grup B

Nigeria sudah lolos tapi pelatih bertekad amankan posisi puncak Grup B

Pelatih tim nasional Nigeria Gernot Rohr memberikan arahan kepada para pemainnya dalam laga penyisihan Grup B Piala Afrika 2019 melawan Guinea di Stadion Alexandria, Mesir, Rabu (26/6/2019). (ANTARA/REUTERS/Suhaib Salem)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Nigeria sudah memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Afrika 2019, namun sang pelatih Gernot Rohr bertekad untuk menuntaskan tugasnya dengan baik dan mengamankan posisi puncak klasemen akhir Grup B.

Nigeria lolos seusai meraih kemenangan tipis 1-0 atas Guinea dalam laga kedua Grup B yang berjalan ketat di Stadion Alexandria, Mesir, Rabu malam WIB.

"Tim tampil sangat baik meskipun Guinea memberikan perlawanan sengit. Saya senang kami bisa mengatasi bahaya yang datang dan menjadi tim pertama yang lolos ke 16 besar," kata Rohr dalam komentar purnalaga dilansir laman resmi turnamen.

"Sekarang kami harus bisa menuntaskan fase penyisihan dengan tampil baik melawan Madagaskan di laga pamungkas untuk bisa memuncaki klasemen akhir," ujarnya menambahkan.

Nigeria saat ini berada di posisi puncak klasemen Grup B dengan raihan enam poin dan mereka sebetulnya tak harus menunggu hingga laga pamungkas untuk bisa menjadi jawara grup.

Sebab, Madagaskar akan lebih dulu menghadapi Burundi pada Kamis malam WIB dan jika hasilnya berakhir imbang Nigeria dipastikan tak akan terkejar di puncak klasemen.

Baca juga: Nigeria tim pertama ke 16 besar, usai menang tipis atas Guinea

Kemenangan Nigeria atas Guinea ditentukan oleh gol semata wayang Kenneth Omeruo lewat tandukannya dalam situasi sepak pojok pada menit ke-73.

Omeruo mengaku senang namanya terpampang di daftar pencetak gol namun kemenangan jauh lebih penting, mengingat Guinea memberikan perlawanan yang sangat sengit.

"Yang terpenting tim menang dan tentu saja saya senang masuk daftar pencetak gol," kata Omeruo.

"Ini laga yang sulit sebab Guinea bukan tim mudah dan menang melawan mereka memberi motivasi besar bagi kami," pungkasnya.

Nigeria akan menyudahi fase penyisihan grup dengan laga pamungkas kontra Madagaskar pada Minggu (30/6) di Stadion Alexandria, ketika di waktu bersamaan Guinea bertemu Burundi di Stadion Al Salam, Kairo.

Baca juga: Zimbabwe hanya bisa imbangi Uganda setelah buang banyak peluang

Baca juga: Profil Grup B, dahaga juara Elang Super

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aris Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar