Kami telah melakukan koordinasi intensif dengan seluruh pemangku kepentingan layanan kebandarudaraan setempat...
Jakarta (ANTARA) - Rute Bandung-Denpasar yang dioperasikan maskapai Garuda Indonesia akan dipindahkan dari Bandara Husein Sastranegara (Bandung) ke Bandara Kertajati (Majalengka)  per 1 Juli 2019.

“Melalui perpindahaan tersebut, terhitung mulai tanggal 1 Juli 2019, rute Bandung – Denpasar yang sebelumnya dilayani Garuda Indonesia dari Bandara Husein Sastranegara akan mulai beroperasi dari Bandara Internasional Kertajati Majalengka,” kata Direktur Operasi Garuda Indonesia Capt. Bambang Adisurya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Sementara untuk penumpang dari Denpasar terhitung tanggal 30 Juni 2019 juga akan mendarat di Bandara Internasional Kertajati Majalengka.

“Kami telah melakukan koordinasi intensif dengan seluruh pemangku kepentingan layanan kebandarudaraan setempat untuk memastikan kesiapan operasional layanan penerbangan dan sarana-prasana infrastruktur akses penumpang menuju Bandara Kertajati dapat terakomodasi dengan baik,” kata Bambang.

Ia juga turut mengimbau penumpang untuk nantinya dapat berangkat lebih awal menuju bandara guna mengantisipasi penyesuaian alur penumpang maupun akses menuju Bandara Internasional Kertajati tersebut.

Dia menambahkan penumpang nantinya juga dapat mengakses fasilitas Damri gratis sesuai dengan ketentuan yang berlaku dari pihak pengelola Damri, hingga potongan harga khusus moda transportasi travel yang rencananya akan disiapkan oleh pemangku kepentingan layanan kebandarudaraan dalam mendukung penyediaan akses sarana prasana menuju Bandara Internasional Kertajati.

Adapun rute penerbangan Kertajati - Denpasar pp akan dilayani dengan menggunakan armada Boeing 737-800 NG yang berkapasitas 162 penumpang setiap hari.

Penerbangan Kertajati - Denpasar akan diberangkatkan dengan nomor penerbangan GA 334 dari Bandara Kertajati pada pukul 06.20 waktu setempat dan tiba di Denpasar pada pukul 09.05 waktu setempat.

Sedangkan penerbangan Denpasar - Kertajati akan diberangkatkan dengan nomor penerbangan GA 335 pada pukul 13.20 waktu setempat dan tiba di Bandara Kertajati pada pukul 14.15 waktu setempat.

“Bersama seluruh pemangku kepentingan layanan kebandarudaraan lainnya, Garuda Indonesia berharap pengembangan layanan operasional melalui Bandara Internasional Kertajati di Majalengka ini kedepannya dapat terus dioptimalkan, khususnya melalui penyediaan akses sarana prasana dan infrastruktur dari dan menuju Bandara Internasional Kertajati yang dapat memberikan berbagai pilihan kemudahaan bagi penumpang,” ujarnya.

Perpindahan rute Kertajati-Denpasar ini diharapkan turut mempercepat pertumbuhan perekonomian baru dan pariwisata di daerah Jawa Barat dan sekitarnya melalui perluasan akses konektivitas penerbangan nasional.

Bambang menuturkan Denpasar sebagai salah satu hub Garuda Indonesia diharapkan dapat memudahkan mobilisasi para turis mancanegara menuju kawasan Jawa Barat, sehingga ke depannya diharapkan potensi pariwisata Jawa Barat dan sekitarnya dapat terus meningkat.

Baca juga: Pemerintah siapkan travel hingga Damri gratis ke Bandara Kertajati

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019