Sederet fitur baru hadir salah satunya adalah fitur machine reading comprehension...
Jakarta (ANTARA) - Perusahaan rintisan lokal (startup) Lenna, kembali berinovasi guna menjawab kebutuhan pasar dengan meluncurkan aplikasi berbasis kecerdasan buatan (AI) bernama Lenna Platform 2.0 untuk memberikan kemudahan kepada pengguna.

"Sederet fitur baru hadir salah satunya adalah fitur machine reading comprehension. Lenna Platform memungkinkan pengguna melatih bot hanya dengan menyediakan teks/paragraf tanpa harus melatih bot pertanyaan dan jawaban yang terkurasi," kata Founder & CEO Lenna, Alen Boby Hartanto dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis.

Lenna Platform 2.0 ini ditujukan bagi para pelaku bisnis yang menaruh perhatian terhadap kualitas layanan pelanggan.

Alen mengungkapkan, platform ini diciptakan untuk membantu pengembang mengembangkan chatbot pintar secara lebih mudah dan efisien.

Menurut dia, Lenna Platform sendiri terdiri dari Lenna Bot dan Lenna Omnichannel yang dapat digunakan baik secara bersamaan maupun secara terpisah.

Dengan teknologi terbaru ini, katanya, pengguna dapat menghemat waktu dan tenaga dalam memperkaya konten sehingga semakin banyak pertanyaan yang dapat dijawab oleh bot. "Hal ini menjadikan Lenna Platform berbeda dengan produk sejenis di pasaran," katanya.

Keseluruhan platform yang dibuat Lenna, kata Alen, sangat mumpuni untuk mengembangkan perusahaan yang membutuhkan layanan ini.

"Perusahaan dipercaya membuat aplikasi banking virtual assistant berbasis voice command pertama di Indonesia bernama BNI Call Assistant yang dapat membantu nasabah bank BNI dalam mencari informasi terkait bank BNI seperti info produk atau jasa, kantor cabang dan ATM terdekat, hingga melakukan transaksi seperti cek saldo,transfer, serta pembayaran tagihan," katanya.

Di versi 2.0, Lenna hadir dengan berbagai fitur terbaru untuk menunjang produktivitas seperti salah satunya fitur financial dashboard dimana pengguna dapat memantau pengeluarannya tiap bulan.

Ke depannya Lenna akan terus fokus pada pengembangan platform layanan konsumen serta terus meningkatkan kemampuan kecerdasaan buatan yang saat ini telah digunakan di setiap produk Lenna.

Lenna dibuat dan dikembangkan oleh PT Sinergi Digital Teknologi yang merupakan startup dan developer IT di Indonesia. Tidak seperti virtual asisten yang sudah ada, Lenna diklaim lebih cerdas berkat sistem AI yang disematkan di dalamnya. Sampai dengan saat ini, pengguna atau user Lenna telah mencapai 30.000.

Baca juga: Kemnaker selenggarakan program inkubasi bisnis bagi startup

Baca juga: Kemristekdikti hasilkan 1.307 startup dan calon startup hingga 2019

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019