Tenis

ITF luncurkan format baru peserta Fed Cup

ITF luncurkan format baru peserta Fed Cup

Petenis Inggris Johanna Konta mengembalikan bola ke arah lawannya petenis Kazakhstan Yulia Putintseva saat Kejuaraan Fed Cup babak Playoffs Grup Dunia II di Copper Box Arena, London, Inggris, Minggu (21/4/2019). ANTARA FOTO/Action Images via Reuters/Tony O'Brien/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Federasi Tenis Internasional (ITF) meluncurkan format baru pertandingan Fed Cup dengan memperluas jumlah peserta dari delapan menjadi 20 negara untuk bersaing menjadi juara dunia setiap tahunnya.

Selain itu, ITF juga memutuskan Budapest Hungaria untuk menjadi tuan rumah Fed Cup oleh BNP Paribas selama tiga tahun untuk periode 2020-2022, melansir laporan wtatennis.com, Kamis.

Sebanyak 12 negara sudah memenuhi syarat untuk Final Piala Fed, yang selanjutnya akan ikut bersaing memperebutkan total hadiah lebih dari Rp254 miliar, dengan pembagian Rp169 miliar untuk pemain dan Rp84 miliar untuk asosiasi nasional.

Baca juga: Apresiasi BRI Life kepada Tim Tenis Fed Cup Indonesia 2018 melalui perlindungan jiwa senilai Rp. 500 juta

Enam belas negara akan bersaing di kualifikasi Fed Cup 2020 pada 7-8 Februari dengan mekanisme kandang-tandang selama lima pertandingan untuk mendapatkan satu dari delapan posisi di partai final untuk bergabung dengan finalis tahun sebelumnya, yaitu Prancis, Australia, tuan rumah Hungaria, dan satu negara "wildcard" yang akan diumumkan.

16 negara berikut yang ditetapkan untuk mengikuti kualifikasi Fed Cup 2020, yaitu Belarusia, Belgia, Brasil, Kanada, Republik Ceko, Jerman, Inggris, Jepang, Kazakhstan, Latvia, Rumania , Rusia, Slovakia, Spanyol, Swiss, dan Amerika Serikat.

Partai final akan menampilkan format "round-robin", yaitu setiap negara akan berhadapan dengan negara lainnya secara lengkap, dengan terdiri dari empat grup yang diisi tiga tim per grup.

Dua negara teratas akan dijamin mendapat tempat di final tahun berikutnya, sementara negara-negara yang mencapai peringkat 3-10 akan bertarung pada kualifikasi tahun berikutnya.

Semua pertandingan akan terdiri dari dua tunggal dan satu ganda.

Format baru ini disetujui oleh Dewan ITF setelah proses tinjauan dan konsultasi yang luas dengan asosiasi nasional, Asosiasi Tenis Wanita (WTA) dan Dewan Pemain WTA.

Baca juga: Halep boikot Fed Cup jika sistem "home-away" diganti
Baca juga: Tim Fed Indonesia takluk dari Korea Selatan

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar