China harap kepala Pentagon yang baru hindari permusuhan

China harap kepala Pentagon yang baru hindari permusuhan

Pentagon. (istimewa)

Beijing (ANTARA) - China berharap kepala pertahanan Amerika Serikat yang baru berupaya menghindari permusuhan dengan China, menurut Kementerian Pertahanan pada Kamis.

Hal tersebut merupakan reaksi resmi pertama militer China terhadap penunjukkan Penjabat Menteri Pertahanan AS Mark Esper.

Dua ekonomi terbesar dunia itu terseret dalam perang dagang dan juga memiliki perselisihan militer yang meluas, termasuk mengenai pembangunan pulau China di Laut China Selatan yang dipersengketakan dan dukungan AS untuk Taiwan, yang diklaim China sebagai bagiannya.

Dalam konferensi pers juru bicara Kementerian Pertahanan China, Ren Guoqiang menuturkan pihaknya telah mengamati perubahan posisi di Pentagon setelah penunjukan Esper menyusul pengunduran diri Patrick Shanahan bulan ini.

China mempunyai kepentingan besar dalam hubungan militernya dengan Amerika Serikat dan hubungan yang sehat dan stabil dalam bidang ini baik bagi kedua negara maupun yang diharapkan dunia, tambah Ren.

"Kami berharap bahwa selama Penjabat Menteri Pertahanan Esper berkuasa, Amerika Serikat dapat bekerja sama dengan China untuk mewujudkan konsensus penting dari kedua pemimpin dan berpegang pada haluan untuk tidak memiliki konflik maupun permusuhan."

Baca juga: Gedung Putih: Trump akan calonkan Mark Esper sebagai kepala Pentagon
Baca juga: AS: Militer bunuh 120 warga sipil di luar negeri sepanjang 2018


Sumber: Reuters

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Ma'ruf Amin: Indonesia dukung upaya damai AS dan China

Komentar