Jakarta (ANTARA) - Fotografer kondang Darwis Triadi memprediksi bahwa kamera pemula jenis poket akan tergerus dengan kehadiran ponsel yang memiliki kamera dengan teknologi canggih.

"Kalau saya ramalkan ke depan, kamera entri level akan digantikan dengan smartphone yang canggih seperti ini (OPPO Reno Series). Karena orang pada akhirnya malas membawa kamera entri level khususnya poket," jelas Darwis ditemui dalam penjualan perdana OPPO Reno Series di Jakarta, Kamis.

Darwis sudah memprediksi hal tersebut sejak kamera pertama kali disematkan dalam ponsel, ditambah kemajuan teknologi dan berkembangnya media sosial yang membuat orang mencari ponsel pintar dengan kamera tercanggih.

"Saya mulai lihat tren ini sejak 10 tahun yang lalu, kamera enggak perlu dengan mengintip lagi, mirrorless kan enggak ngintip," ujar Darwis.

"Proses pengembangan teknologi akan simultan dengan kamera walaupun secara bentuk berbeda. Tapi secara teknologi akhirnya akan sama walaupun enggak bisa dibandingkan head to head," lanjutnya.

Meski demikian, pemahaman tentang pengaturan cahaya, komposisi serta hal lain yang biasa dipelajari saat menggunakan kamera profesional tetap harus dipahami oleh pengguna ponsel. Dengan begitu, hasil yang didapatkan dari setiap jepretan juga akan maksimal.

"Yang namanya teknologi itu enggak bisa dibendung. Tapi kita juga harus belajar mengenai cahaya. Kita harus melatih diri, dari kondisi smartphone yang ada, kita harus mendisiplinkan diri dengan perangkat kamera," kata Darwis.

Baca juga: OPPO klaim penjualan Reno Series tandingi Find X
 

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019