Perseroan juga akan terus fokus pada negara-negara yang telah memberikan kontribusi yang baik terhadap penjualan
Jakarta (ANTARA) - Industri kosmetik nasional Mustika Ratu pada tahun ini akan menjajaki pasar Jepang dan Eropa sebagai salah satu upaya pemekaran pasar ekspor setelah berhasil masuk ke negara Kanada, Amerika dan Irak pada kuartal pertama 2019.

Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk. Bingar Egidius Situmorang di Jakarta, Kamis menyatakan, perseroan masih terus berusaha mengembangkan pasar ekspornya.

"Perseroan juga akan terus fokus pada negara-negara yang telah memberikan kontribusi yang baik terhadap penjualan," katanya melalui keterangan tertulis.


Baca juga: Kemenperin: Industri kosmetik capai bakal tumbuh 9 persen

Pada kuartal pertama 2019, perseroan sudah masuk ke negara Kanada, AS dan Irak, tambahnya, dan saat ini pihaknya sedang mempersiapkan produknya untuk ikut dalam berbagai pameran yang ada di Amerika serta, Selandia Baru dan China.

"Kami juga berupaya untuk memasuki pasar Selandia baru, Australia dan kepulauan Pacific," katanya.

Sementara itu terkait kinerja perusahaan, Bingar mengatakan, pada tahun 2018, perseroan berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp300,1 Miliar.

"Perolehan penjualan ini tentunya masih dibawah target yang telah ditetapkan sebelumnya. Kontribusi penjualan terbesar masih dihasilkan dari pasar domestic yaitu 96,77 persen dari total konsolidasi penjualan," katanya.

Bingar menyatakan, melalui pertumbuhan organik dan inovasi baru serta memasuki pasar baru, pihaknya optimis dapat terus mengembangkan pangsa pasar baik dalam negeri maupun pasar internasional.

Baca juga: Industri kosmetik nasional tumbuh 20 persen

Pewarta: Subagyo
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2019