Jakarta (ANTARA) - Timnas Inggris berhasil melewati hadangan Norwegia dan memetik kemenangan 3-0 dalam laga perempat final Piala Dunia Putri 2019 di Stadion Oceane, Le Havre, Prancis, Jumat dini hari WIB, untuk menjadi tim pertama yang menuju babak semifinal.

Penampilan dominan pada separuh awal laga, membuat Inggris nyaman unggul dua gol saat turun minum dan pada babak kedua mereka bukan hanya berhasil meredam upaya Norwegia bangkit, tetapi juga menambah satu gol lagi untuk memperbesar kemenangan, demikian catatan laman resmi FIFA.

Tiga menit selepas sepak mula, Jill Scott berhasil membuka keunggulan Inggris lewat reaksi cepatnya menyambar bola umpan silang Lucy Brone yang gagal disambut Ellen White di muka gawang.

Pada menit ke-29, Inggris hampir menggandakan keunggulan ketika White berusaha menyelesaikan umpan kiriman Nikita Parris namun bola tembakannya membentur tiang gawang.

Setelah Demi Stokes berhasil melakukan hadangan untuk peluang sayap Norwegia mencetak gol di dalam kotak penalti, Inggris sukses menggandakan keunggulan lima menit jelang turun minum lewat sontekan mudah White memanfaatkan umpan tarik Parris.

Gol itu sekaligus membawa White bergabung dengan penyerang andalan Amerika Serikat Alex Morgan dan pilar Australia Samantha Kerr sebagai pemuncak daftar top skor sementara turnamen dengan koleksi sementara lima gol.

Norwegia yang berusaha bangkit pada babak kedua, mendapati gawang mereka kebobolan lagi pada menit ke-57 lewat sebuah gol spektakuler yang dicetak Bronze. Bek sayap Inggris itu melepaskan tendangan jarak jauh yang meski arahnya tepat ke kiper Ingrid Hjelmseth namun lajunya tak mampu dihentikan.

Lini belakang Inggris sempat melakukan keteledoran ketika umpan balik Millie Bright untuk kiper Karen Bardsley terlalu lemah dan dicuri oleh pemain pengganti Norwegia Lisa-Marie Utland. Utland berhasil melaju melewati Bardsley, namun tembakannya dari sudut sempit digagalkan sebelum bola melewati garis gawang oleh bek Stephanie Houghton pada menit ke-66.

Dalam kurun waktu tiga menit berikutnya, Norwegia memperoleh dua peluang lagi namun Bardsley kali ini sigap mengamankan tembakan Utland dan menutup ruang tembak Isabell Herlovsen.

Inggris sebetulnya memperoleh peluang untuk memperdalam luka Norwegia ketika mendapatkan hadiah penalti menyusul dilanggarnya kapten Houghton oleh bek Maria Thorisdottir di dalam area terlarang pada menit ke-80, namun Parris yang jadi algojo mendapati eksekusi penaltinya ditebak dan dihalau oleh Hjelmseth.

Di babak semifinal, Inggris harus siap menghadapi dua tim kuat yakni tuan rumah Prancis atau juara bertahan Amerika Serikat yang baru akan bertarung dalam laga perempat final di Parc des Princes, Paris, Sabtu (29/6) dini hari WIB.

Baca juga: FIFA pertimbangkan menghukum Kamerun

Baca juga: Megan Rapinoe membuat Donald Trump sakit hati


Susunan pemain:

Norwegia (4-4-2): Ingrid Hjelmseth; Ingrid Wold (Synne Hansen), Maren Mjelde, Maria Thorisdottir, Kristine Minde; Karina Saevik (Lisa-Marie Utland), Vilde Risa, Ingrid Engen, Guro Reiten (Amalie Eikeland); Caroline Hansen, Isabell Herlovsen
Pelatih: Martin Sjoegren

Inggris (4-1-4-1): Karen Bardsley; Lucy Bronze, Stephanie Houghton, Millie Bright, Demi Stokes; Keira Walsh; Nikita Parris (Rachel Daly), Jill Scott, Francesca Kirby (Georgia Stanway), Toni Duggan (Bethany Mead); Ellen White
Pelatih: Phil Neville

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019