counter

Piala Afrika

Bangkit dari ketertinggalan, Kenya tundukkan Tanzania 3-2

Bangkit dari ketertinggalan, Kenya tundukkan Tanzania 3-2

Penyerang tim nasional Kenya Michael Olunga (kiri) berlari mendekati rekan-rekannya saat merayakan golnya ke gawang Tanzania yang jadi penentu kemenangan 3-2 dalam laga kedua penyisihan Grup C Piala Afrika 2019 di Stadion 30 Juni, Kairo, Mesir, Kamis (27/6/2019) waktu setempat. (ANTARA/AFP/Javier Soriano)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Kenya berhasil bangkit dari dua kali keadaan tertinggal demi menundukkan Tanzania 3-2 dalam laga kedua penyisihan Grup C Piala Afrika 2019 di Stadion 30 Juni, Kairo, Mesir, Jumat pagi WIB.

Duet penyerang Tanzania Simon Msuva dan Mbwana Samatta dua kali membut Kenya tertinggal, namun pasukan Harambe Stars itu berhasil bangkit lewat gol gelandang Johanna Omolo serta dwigol penyerang Michael Olunga, demikian catatan laman resmi turnamen.

Meski menang, Kenya tertahan di urutan ketiga klasemen dengan koleksi tiga poin lantaran memiliki defisit satu gol dibandingkan Senegal (3) yang punya keunggulan surplus satu gol dan tetap menempati posisi kedua.

Namun, tim kemenangan itu membuka peluang tim besutan Sebastien Migne untuk pertama kalinya sepanjang sejarah melangkah ke babak 16 besar menyusul pemuncak klasemen Grup C Aljazair (6) yang sudah dipastikan lolos.

Sedangkan Tanzania (0) hampir tidak mungkin lolos dari dari Grup C kecuali ada keajaiban.

Baca juga: Aljazair tundukkan Senegal demi pastikan satu tempat 16 besar

Padahal, Tanzania memulai laga kontra Kenya dengan sangat meyakinkan dan cuma butuh enam menit untuk membuka keunggulan lewat Msuva yang menyambar bola muntah hasil tembakan Samatta.

Gol cepat itu tak mematahkan semangat Kenya, yang kemudian hampir menyamakan kedudukan jika saja bola tandukan Olunga tak ditolak mistar gawang pada menit ke-22.

Kerja keras Kenya akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-39 memanfaatkan situasi bola mati yang berakhir dengan sepakan kaki kiri Olunga dari tengah kotak penalti.

Namun, Tanzania hanya butuh satu serangan balasan untuk merestorasi keunggulan kali ini lewat tembakan Samatta yang gagal diantisipasi kiper Patrick Matasi.

Memasuki babak kedua, Kenya memperlihatkan nafsu besar mereka untuk mengancam gawang Tanzania namun tembakan John Avire tak mampu melewati barisan pertahanan yang masih rapat.

Pada menit ke-62, Kenya berhasil menyamakan kedudukan lewat tandukan Omolo yang menyambut sepak pojok Ayub Masika.

Gol itu kian melecut semangat Kenya dan pada menit ke-80 Olunga menerima sodoran bola dari pemain pengganti Eric Omondi sebelum melakukan penyelesaian di tepian kotak penalti yang berhasil menaklukkan kiper Aishi Manula sekaligus merebut keunggulan dalam kedudukan 3-2.

Sepuluh menit terakhir waktu normal pertandingan berlalu tanpa ada peluang berarti dari kedua tim, namun Kenya berakhir dengan tiga poin penting dalam genggaman mereka.

Harapan Kenya mencetak sejarah lolos dari fase penyisihan grup Piala Afrika 2019 akan mendapat tantangan besar dari Senegal yang juga bertekad untuk membuktikan statusnya sebagai salah satu favorit juara.

Kenya kontra Senegal akan berlangsung di Stadion 30 Juni pada Selasa (2/7) dini hari WIB, sementara di waktu bersamaan Tanzania dihadapkan pada lawan berat Aljazair di Stadion Al Salam.

Baca juga: Madagaskar torehkan kemenangan perdana di Piala Afrika

Susunan pemain:

Kenya (4-2-3-1): Patrick Matasi; David Owino (Bernard Oginga), Musa Mohammed, Joseph Okumu, Omar Khamis (Eric Omondi); Victor Wanyama, Johanna Omolo; Ayub Masika, Francis Kahata (John Avire), Erick Ouma; Michael Olunga
Pelatih: Sebastien Migne

Tanzania (4-4-2): Aishi Manula; Hassan Ramadan, David Mwantika, Kelvin Yondani, Gabriel Michael; Thomas Ulimwengu (John Bocco), Erasto Nyoni (Frank Domayo), Mudathiri Yahya (Himid Mao), Faridi Mussa; Mbwana Samatta, Simon Msuva
Pelatih: Emmanuel Amunike

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar