counter

Resensi film

"Annabelle Comes Home", malam teror dari sebuah boneka

"Annabelle Comes Home", malam teror dari sebuah boneka

Annabelle Comes Home (HO/ist)

Jakarta (ANTARA) - Bagaimana rasanya menjadi anak dari orangtua yang dikenal sebagai cenayang?

"Annabelle Comes Home" menitikberatkan fokus dari sudut pandang Judy (Mckenna Grace), putri dari cenayang terkenal Ed dan Lorraine Warren.

Ini adalah film ketiga dari seri Annabelle dan ketujuh dari Dunia Conjuring.

Film yang jadi bagian dari Dunia Conjuring ini dimulai ketika pasangan suami istri Ed dan Lorraine "menaklukkan" boneka Annabelle dan memutuskan untuk membawa benda terkutuk itu ke tempat yang aman: rumah mereka.

Dalam perjalanan Ed dan Lorraine menuju rumah, sudah ada pertanda bahwa boneka menyeramkan ini memang harus diletakkan di tempat seaman mungkin.

Mereka kemudian meletakkan si boneka di sebuah kamar berisi semua artefak dari kejadian mistis yang pernah mereka hadapi. Annabelle mendapatkan tempat khusus berupa sebuah kotak kaca suci.

Saat pasangan Ed dan Lorraine sedang bepergian dan meninggalkan putri semata wayangnya dengan pengasuh, Mary Ellen (Madison Iseman), tentu saja ada orang yang tak sengaja membuka kotak kaca tersebut.
Annabelle Comes Home (HO/ist)


Sang penyusup, sahabat Mary bernama Daniela (Katie Sarife), punya misi khusus saat berusaha masuk sebagai tamu tak diundang di rumah Judy. Awalnya terlihat sebagai remaja terlalu penasaran terhadap artefak di rumah Ed dan Lorraine. Belakangan terkuak motif asli yang membuat si tukang geratak ini menghidupkan teror di rumah Judy.

Teror Annabelle --yang disebut sebagai mercusuar menuju dunia lain-- membuat para mahkluk mistis dari kasus-kasus terdahulu Ed dan Lorraine kembali dan meneror seisi rumah.

Kisah horor jadi lebih mencekam ketika tidak ada perangkat modern seperti handphone dan Internet karena latar belakang di film ini memang berkisar di zaman analog era 1970-an.

Latar belakang ini juga menimbulkan nostalgia masa kecil saat sumber hiburan hanya televisi, radio dan permainan board game.
Annabelle Comes Home (HO/ist)


Adegan-adegan menyeramkan muncul bertubi-tubi di tengah cerita, menghadirkan makhluk halus dan benda aneh dengan berbagai karakteristik yang mungkin familier bagi penikmat film horor Conjuring. Ada Samurai, boneka monyet dengan simbal, Ferryman, hingga hantu pengantin yang terlihat paling mengancam.

Salah satu makhluk yang bentuknya mengingatkan pada film horor komedi "Goosebumps" malah memancing tawa karena membuat Bob (Michael Cimino), remaja yang menaruh hati pada Mary Ellen, terjebak di kandang ayam.

Sentuhan komedi ini memang menjadi penyegar sekaligus daya tarik dari "Annabelle Comes Home" yang bisa dinikmati penonton usia muda atau mereka yang lumayan penakut untuk duduk menikmati film horor di bioskop.



Baca juga: Chris Pine dikabarkan berkencan dengan aktris Annabelle Wallis

Baca juga: Ed dan Lorraine Warren akan hadir di "Annabelle 3"

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar