Koba, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendukung gagasan para mahasiswa dari Universitas Bangka Belitung (UBB) yang berkeinginan membangunan Kampung Pelangi Kurau untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke daerah itu.

"Ini gagasan yang cukup kreatif dan inovatif, sejalan dengan keinginan pemerintah daerah dan kami mendukung penuh," kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, Jumat.

Hal itu dikemukakannya menyikapi hasil dialog dosen dan mahasiswa UBB dengan kepala daerah setempat terkait rencana pembangunan Kampung Pelangi Kurau sebagai rangkaian kegiatan KKN di Desa Kurau, Kecamatan Koba.

"Sebenarnya sejak 2010 pemerintah daerah sudah berupaya menata Desa Kurau supaya lebih rapi, bersih dan indah karena menjadi gerbang masuk utama para wisatawan untuk menuju objek wisata Pulau Ketawai," ujarnya.

Sekarang gagasan tersebut kembali muncul dari para mahasiswa UBB yang melaksanakan kegiatan KKN di Desa Kurau dengan fokus sektor kepariwisataan, sosial dan kesehatan lingkungan. "Kami menyambut baik semua ini. Kami siap memfasilitasi apa saja yang menjadi kebutuhan para mahasiswa KKN untuk merealisasikan rencana mereka," ujarnya.

Terkait rencana para mahasiwa yang juga ingin membangun kampung sehat di Desa Kurau, kata bupati, sebelumnya sudah menjadi program pembangunan daerah di bidang kesehatan lingkungan.

"Sekarang kalangan mahasiswa berupaya untuk mewujudkan itu, tentu kami sangat mengapresiasi karena sejalan dengan program pembangunan daerah dalam rangka menciptakan warga desa yang sehat dan unggul," ujarnya.*


Baca juga: Kurau, lokasi asyik untuk edukasi mangrove

Baca juga: Dua KRI meriahkan peringatan HUT TNI

Pewarta: Ahmadi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019