counter

Tembakan mortir hantam pos pemantauan Turki di Suriah

Tembakan mortir hantam pos pemantauan Turki di Suriah

Seorang aktivis perempuan dan sejumlah rekannya yang lain memegang balon saat berunjuk rasa solidaritas mendukung perdamaian untuk Suriah, di Ankara, Turki, (15/6/2019). Puluhan ribu orang meninggalkan rumah mereka, yang banyak di antaranya mencari perlindungan ke perbatasan Turki guna menghindari serangan udara yang menelan korban jiwa. ANTARA/REUTERS/Alp Eren Kaya/aa

Istanbul (ANTARA) - Seorang tentara Turki tewas dan tiga lagi terluka pada Kamis, ketika pos pemantauan mereka di Wilayah Idlib Suriah dihantam tembakan mortir, Kementerian Pertahanan Turki melaporkan.

Serangan berasal dari wilayah yang dikuasai pasukan pemerintah Suriah dan diduga sengaja dilakukan, menurut pernyataan kementerian. Para korban cedera langsung dievakuasi dan mulai mendapatkan perawatan medis, tambahnya.

Kementerian tersebut mengatakan atase Rusia di Ankara dipanggil ke markas militer sehubungan dengan serangan dan diperingatkan bahwa serangan tersebut akan "dijatuhi hukuman dengan cara yang paling kuat."

Serangan serupa sebelumnya dilancarkan terhadap pos-pos pengamatan Turki di wilayah tersebut bulan ini. Militer Turki pun melakukan aksi balasan dengan senjata berat.

Rusia memberikan dukungan kepada Presiden Suriah Bashar al-Assad dalam perang saudara di negaranya. Sementara itu, Turki yang mendukung pemberontak, turut mensponsori kesepakatan de-eskalasi untuk wilayah tersebut yang sudah ada sejak tahun lalu.

Sumber: Reuters

Baca juga: Kemenhan: Pos Turki di Idlib digempur dari pasukan pemerintah Suriah
Baca juga: Rusia, Turki jadi mediator gencatan senjata di Idlib Suriah
Baca juga: Trump desak Rusia, Suriah hentikan pengeboman Idlib

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Chaidar Abdullah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar