DPR apresiasi Prabowo-Sandi sikapi putusan MK

DPR apresiasi Prabowo-Sandi sikapi putusan MK

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo di kompleks parlemen di Senayan, Jakarta, Kamis (27/6/2019). (ANTARA News/Dewa Wiguna)

Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno atas pernyataannya yang menyejukkan menyikapi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU).

"Saya berikan apresiasi luar biasa atas respons dan pernyataan Prabowo-Sandi yang menyejukkan setelah keluarnya putusan MK terkait sengketa Pemilu 2019," kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat.

Baca juga: Ketua DPR: Hormati putusan MK

Dia berharap respos positif Prabowo-Sandi itu juga diikuti para pendukungnya sehingga suasana tetap kondusif.

Menurut dia, saat ini yang dibutuhkan adalah melekatkan kembali rasa persatuan, karena kontestasi Pemilu 2019 sudah usai sehingga semua pihak harus kembali bersatu.

"Dari pernyataan Prabowo, Kamis (27/6) malam kita bersyukur bahwa beliau legawa dan berangkulan kembali membangun bangsa. Kita menyadari kalau elit ribut maka yang dirugikan adalah rakyat," ujarnya.

Baca juga: Ketua DPR: Rajut kembali rasa kebangsaan usai sidang MK

Bamsoet meyakini Prabowo-Sandi menyadari bahwa pasca-putusan MK, tidak ada lagi upaya hukum yang bisa ditempuh karena putusan MK adalah final dan mengikat.

Sebelumnya, calon presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto menegaskan bahwa dirinya dan Sandiaga Uno menghormati hasil keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU).

"Kami patuh mengikuti jalur konstitusi yaitu UUD 1945 dan sistem UU yang berlaku. Kami menyatakan menghormati hasil keputusan MK," kata Prabowo dalam konferensi pers di Jalan Kertanegara IV, Jakarta, Kamis (27/6) malam.

Dia mengatakan dirinya sangat kecewa dengan keputusan MK yang menolak seluruh permohonan Prabowo-Sandi, namun pihaknya tetap menghormati putusan tersebut.

Prabowo mengatakan dirinya menyerahkan sepenuhnya kebenaran dan keadilan yang hakiki kepada Allah SWT.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komisi IV pastikan stok beras Sumbar jelang Ramdhan aman

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar