Hajat tersebut diselenggarakan untuk masyarakat di negara-negara Asia Afrika dan khususnya Kota Bandung yang memiliki tema besar "Solidaritas Untuk Rakyat Palestina".
Bandung (ANTARA) - Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan akan ada kejutan dalam perayaan Asia Afrika Festival (AAF 2019) pada Sabtu (29/6).

Dia mengatakan, hajat tersebut diselenggarakan untuk masyarakat di negara-negara Asia Afrika dan khususnya Kota Bandung yang memiliki tema besar "Solidaritas Untuk Rakyat Palestina".

"Ada surprise lah, pokoknya warga harus lihat," kata Yana di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Kota Bandung, Jumat.

Dalam sisa waktu satu hari, kata dia, persiapan gelaran tahunan tersebut sudah hampir 99 persen. Selain itu, ada juga rangkaian acara yang sudah dimulai sejak malam ini, Jumat (28/6), yaitu makan malam bersama perwakilan negara-negara lain.

"Memang sisa satu persen ini soal cuaca nanti malam, karena makan malam bersama ini kan di Plaza Balai Kota, di luar ruangan, mudah mudahan cuaca menunjang," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bandung Dewi Kaniasari menyebutkan ada sekitar 50 orang perwakilan VVIP dari negara lain yang akan turut hadir dalam acara yang bersejarah itu.

Selain itu, kata dia, ada sekitar 1.100 orang yang terlibat dalam acara tersebut untuk sejumlah penampilan budaya. "Nanti banyaknya sih ada pawai kebudayaan, baik dari beberapa negara di luar negeri dan juga regional Jawa Barat maupun Kota Bandung," kata Dewi.

Senada dengan Yana, Dewu juga menyampaikan selain sejumlah tampilan dan pawai budaya, akan ada kejutan dalam festival tersebut. "Festival isinya itu ada surprise, nanti besok kita lihat," kata dia.

Pada Sabtu (29/6), festival diawali dengan historical walk dari Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, menuju Palestine Walk tepat berada di depan Alun-alun Bandung. Di lokasi tersebut, para peserta akan melepas burung merpati sebagai simbol perjuangan rakyat Palestina. Kegiatan ini berlangsung pada pukul 08.00-10.00 WIB.

Selanjutnya, pada pukul 10.00-12.00 WIB, digelar parade dari kota atau kabupaten dan negara sabahat. Parade akan berlangsung di sepanjang Jalan Asia-Afrika. Selama parade, Jalan Asia-Afrika ditutup sementara.

Nantinya, ruas jalan yang perlu warga Bandung hindari diantaranya, Jalan Dalem Kaum dan Jalan Asia Afrika. Untuk Jalan Alun-alun Timur akan digunakan acara pelepasan burung merpati tepat di Palestina Walk pagi hari jam 08.00-10.00 WIB. Selanjutnya, situasi lalu lintas akan kondisional atau menyesuaikan kondisi lalu lintas nantinya.

Sementara itu, untuk kegiatan parade penampilan negara delegasi serta kabupaten kota yang ikut serta memeriahkan, terletak di Jalan Asia Afrika pada pukul 10.00-12.00 WIB. Jalan tersebut selama perhelatan parade akan ditutup sementara.

Beberapa lokasi dan ruas jalan yang akan digunakan untuk acara Asia Afrika Festival 2019 diantaranya Jalan Asia Afrika, Tamblong, Braga, Alun-alun Timur dan Jalan Cikapundung Barat.
Baca juga: Bandung siapkan festival sambut peringatan KAA ke-60

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019