Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Biak Numfor berharap proses pembangunan Gedung Olah Raga (GOR) yang akan digunakan untuk penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada 2020 di wilayah setempat.

Asisten I Setda Kabupaten Biak Numfor Frits Senandi di Jayapura, Jumat, mengatakan untuk pembangunan GOR ini, tanahnya sudah clear dan sertifikat sudah diserahkan di mana tahapan perencanaannya juga sudah selesai.

"Pada 24 Juni 2019 sudah masuk dalam tahapan fisik dan mudah-mudahan bisa dilaksanakan sesuai dengan jadwal sehingga tepat waktu sesuai arahan dari kementerian," katanya.

Menurut Frits, pihaknya juga menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang sudah mengalokasikan dana Rp18 miliar untuk pembangunan GOR tersebut.

"Persiapan kami sudah sangat siap mulai dari akomodasi, transportasi hingga konsumsi kemudian cabang-cabang olahraga yang sudah diberikan sebagai tanggung jawab kami dan lain sebagainya," ujarnya.

Dia menjelaskan sekitar 3.000-4.000 atlet dengan enam cabang olahraga akan datang ke Kabupaten Biak Numfor sehingga hampir sama dengan Kepulauan Yapen, pihaknya membutuhkan transportasi laut yakni dari Biak ke Serui.

"Khusus untuk cabang olahraga selam, rencananya akan dilaksanakan di Kepulauan Padaido sehingga membutuhkan transportasi laut," katanya lagi.

Dia menambahkan selain itu, dengan panorama alam yang indah, pihaknya juga menyiapkan program pariwisata untuk dipromosikan selama pelaksanaan PON XX pada 2020 di Kabupaten Biak Numfor.

Baca juga: Jelang PON 2020, Pemkab Yapen terus benahi transportasi

Baca juga: Menpora jajal lapangan Stadion Papua Bangkit

Baca juga: Stadion Papua Bangkit 100 persen siap untuk PON

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019