Jakarta (ANTARA) - Berburu peralatan baru seakan menjadi hal rutin yang dilakukan siswa-siswi sekolah setiap pergantian kelas, apalagi bagi mereka yang pertama kali akan menginjakkan kaki di sekolah dasar.

Dari berbagai peralatan sekolah yang disiapkan, tas dengan aneka gambar tokoh kartun ataupun tokoh pahlawan super (super hero) menjadi barang paling diburu di kawasan Pasar Asemka, Jakarta Barat, pada Jumat.

Pantauan Antara, tas-tas dengan gambar tokoh putri (princess) dari film animasi Disney dan tokoh pahlawan fiksi seperti Ultraman dan Avengers menjadi pilihan calon siswa-siswi sekolah dasar.

"Kalau buat anak cewek, yang princess gini yang paling laris. Kalau cowok, biasanya yang super hero kayak Ultraman gini," kata salah seorang pedagang tas di kawasan Pasar Asemka Maman.

Model tas yang dijual Maman pun didominasi tas dengan gambar tokoh-tokoh fiksi tersebut. Gambar-gambar itu dicetak timbul sehingga menegaskan objek dalam tas tersebut dan menjadi daya tarik bagi anak-anak.

Baca juga: "Bunny ear", topi mainan yang lagi tren

"Selain timbul, (tas) yang (bergambar) Ultraman itu juga bisa nyala, ada lampu interaktifnya. Makanya, itu paling laris," ujar Maman sembari menunjukkan fitur tersebut kepada salah satu calon pembelinya.

Tas-tas itu dijual dengan kisaran harga Rp140.000. Tapi, calon pembeli bisa menawar harga itu.

Di samping lapak Maman, terdapat pedagang lainnya, Afif, yang menjual tas-tas ransel dengan model kasual.

"Biasanya, anak-anak SMA gitu suka yang ngga banyak motif kayak gini," kata Afif.

Pasar Pagi Asemka terletak di bawah jalan layang Jembatan Lima, Tambora, Jakarta Barat. Pasar itu buka dari pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB setiap hari.

Selain itu, para pembeli bisa memperoleh harga lebih murah, bahkan sampai 50 persen dari harga di pasar lain ataupun pusat-pusat perbelanjaan, jika mereka membeli dalam jumlah banyak atau grosir.

Baca juga: Sepatu monokrom masih diminati anak sekolah

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019