Jakarta (ANTARA) - Gerakan Pemuda Ansor mendukung upaya rekonsiliasi antara dua calon presiden, yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto, demi tegaknya persatuan Indonesia.

"Pak Jokowi dan Pak Prabowo selama ini bersahabat baik. Mereka berdua adalah negarawan, tahu saatnya berkompetisi dan saatnya berangkulan seiring sejalan. Jalan rekonsiliasi Insya Allah sebentar lagi terwujud," ujar Ketua Umum GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Wiranto apresiasi komitmen Prabowo hormati putusan MK

Yaqut mengatakan pidato dua tokoh bangsa itu pada Kamis (27/6) malam memberikan sinyal bahwa keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) sudah diterima oleh kedua kontestan.

"Pak Prabowo pun sudah memberikan contoh pembelajaran politik yang baik dengan mengakui keputusan MK," kata Yaqut.

Dengan demikian, Yaqut mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk mengakhiri perbedaan politik serta kembali bekerja sesuai profesinya dan bersama-sama membangun negeri.

Baca juga: Haedar Nashir ucapkan selamat untuk Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga

"Pak Prabowo juga berjanji memberikan kontribusi dengan setia kepada konstitusi dan memikirkan kepentingan bangsa yang lebih besar," kata Yaqut.

Atas nama GP Ansor, Yaqut mengucapkan selamat kepada Jokowi dan KH Ma'ruf Amin selaku presiden dan wakil presiden terpilih.

"Selamat bekerja kepada Pak Jokowi dan Kiai Ma'ruf yang akan memimpin Indonesia lima tahun ke depan," ujar Yaqut.

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2019