Ottawa: Trudeau, Xi Jinping berinteraksi secara 'positif'

Ottawa: Trudeau, Xi Jinping berinteraksi secara 'positif'

Presiden China Xi Jinping tiba di Bandara Internasional Kansai menjelang Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Izumisano, prefektur Osaka, Jepang, Kamis (27/6/2019), dalam foto yang diambil oleh Kyodo. (REUTERS/KYODO)

Ottawa (ANTARA) - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan Presiden China Xi Jinping melakukan "interaksi yang konstruktif dan positif" di sela Konferensi Tingkat Tinggi  G20 pada Jumat, saat perselisihan antara dua negara tersebut bergejolak.

Trudeau berbicara "lebih dari sekali" dengan Xi saat pertemuan Kelompok 20 ekonomi utama di Osaka Jepang, menurut pejabat di kantor Trudeau, yang meminta dirahasiakan identitasnya.

Komunikasi kedua pemimpin tersebut merupakan yang pertama sejak hubungan diplomatik dan perdagangan membeku sejak Desember lalu. Hal itu terjadi setelah Kepolisian Kanada menangkap bos Huawei Technologies Co Ltd, Meng Wanzhou dengan surat perintah AS.

Rekaman video dari pertemuan tersebut memperlihatkan Trudeau dan Xi berbicara singkat melalui penerjemah sebelum keduanya berjabat tangan.

"Kemungkinan ke depannya akan banyak kesempatan percakapan jika diperlukan," kata pejabat tersebut tanpa memberikan informasi lebih lanjut.

Baca juga: Beijing: Tuduhan Trudeau soal hukuman mati tak bertanggung jawab
Baca juga: China minta perusahaan negara hindari kunjungan bisnis ke AS
Baca juga: Huawei berkomitmen untuk investasi di Kanada, meski bosnya ditahan


Sumber: Reuters

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Mohamad Anthoni
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Presiden Erdogan berencana kunjungi Indonesia awal 2020

Komentar