counter

Copa America 2019

Chile singkirkan Kolombia lewat adu penalti, usai dua gol dianulir

Chile singkirkan Kolombia lewat adu penalti, usai dua gol dianulir

Penyerang tim nasional Chile, Alexis Sanchez, meluapkan kegembiraan usai sukses menjadi algojo kelima yang memastikan kemenangan 5-4 atas Kolombia dalam adu penalti laga perempat final Copa America 2019 di Stadion Mineirao, Sao Paulo, Brasil, Jumat (28/6/2019) setempat. (ANTARA/AFP/Evaristo Sa)

Jakarta (ANTARA) - Juara bertahan Copa America, Chile, berhasil menyingkirkan Kolombia lewat adu penalti yang berakhir dengan skor 5-4 dalam laga perempat final di Stadion Arena Corinthians, Sao Paulo, Brasil, Sabtu WIB, setelah di waktu normal dua gol La Roja sempat dianulir.

Kemenangan Chile lewat adu penalti dipastikan oleh eksekusi Alexis Sanchez yang jadi algojo kelima, sesaat setelah penendang kelima Kolombia William Tesillo gagal melakoni tugasnya, demikian catatan laman resmi turnamen.

Chile lolos ke semifinal Copa America 2019 melanjutkan perjuangan mereka meraih juara tri-runtun turnamen negara-negara Amerika Selatan tersebut. Di babak semifinal, tim besutan Reinaldo Rueda akan menanti pemenang laga perempat final lain antara Uruguay kontra Peru yang berlangsung Minggu (30/6) WIB.

Chile jadi semifinalis ketiga Copa America 2019, menyusul tuan rumah Brasil yang akan menghadapi Argentina di bagan semifinal lainnya.

Baca juga: Argentina lewati hadangan Venezuela demi tantang Brasil di semifinal

Sepak mula pertandingan Kolombia kontra Chile sempat ditunda selama 20 menit setelah bus kedua tim terjebak kemacetan jalanan kota Sao Paulo.

Ketika pertandingan akhirnya digelar, Chile tampil begitu dominan sepanjang laga kendati harus mengakhiri waktu normal dalam kedudukan imbang nirgol.

Chile sebetulnya dua kali berhasil menyarangkan bola pada menit ke-15 dan ke-72, namun dua kali pula wasit Nestor Pitana menganulirnya usai berkonsultasi dengan VAR.

Baca juga: Chile hadapi dilema mainkan Sanchez atau tidak lawan Uruguay

Gol pertama Chile yang dianulir dicetak oleh Charles Aranguiz ketika ia menyambar bola liar yang jatuh dari tangkapan tak sempurna kiper David Ospina. Namun, wasit menganulirnya karena Sanchez terlebih dulu berada dalam posisi offisde saat proses terjadinya gol.

Setelah terus mendominasi pertandingan, Chile berhasil menyarangkan bola lagi ke gawang Kolombia pada menit ke-72 lewat tembakan Vidal, namun kali ini usai meninjau tayangan ulang VAR wasit menganulirnya karena Guillermo Maripan terlebih dulu melakukan pelanggaran menyentuh bola dengan tangan sebelum memberikan umpan yang diselesaikan Vidal.

Usai skor imbang nirgol bertahan, adu penalti dilakukan dan hingga penendang keempat kedua tim semuanya berhasil melakoni tugasnya dengan baik.

Bek kiri Kolombia yang jadi penendang kelima, Tesillos, menghadapi bola dengan raut wajah gugup dan mendapati tembakannya melenceng jauh ke samping kanan gawang kiper Gabriel Arias.

Kesempatan untuk memastikan kemenangan jatuh ke Sanchez yang jadi penendang kelima Chile. Dengan tenang penyerang Manchester United itu mengecoh Opsina yang melompat ke arah berlawanan dan melesakkan bola kesudut kiri bawah gawang.

Baca juga: Ke semifinal, Brazil butuh adu penalti taklukkan 10 pemain Paraguay

Susunan pemain:

Kolombia (4-3-3): David Ospina; Stefan Medina, Yerry Mina, Davinson Sanchez, William Tesillo; Juan Cuadrado, Wilmar Barrios, Mateus Uribe (Edwin Cardona); James Rodriguez, Radamel Falcao (Duvan Zapata), Roger Martinez (Luis Diaz)
Pelatih: Carlos Queiroz

Chile (4-3-3): Gabriel Arias; Mauricio Isla, Gary Medel, Guillermo Maripan, Jean Beausejour; Arturo Vidal, Erick Pulgar, Charles Aranguiz; Jose Pedro Fuenzalida (Esteban Pavez), Eduardo Vargas, Alexis Sanchez
Pelatih: Reinaldo Rueda

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar