counter

Sepak Bola Dunia

Antonio Valencia pulang kampung ke Ekuador, gabung Liga de Quito

Antonio Valencia pulang kampung ke Ekuador, gabung Liga de Quito

Bek Antonio Valencia (kanan) menjalani wawancara dengan stasiun televisi resmi klub barunya, Liga de Quito, yang berlaga di Serie A Liga Ekuador. (twitter.com/LIGATV_Oficial)

Jakarta (ANTARA) - Mantan penggawa Manchester United, Antonio Valencia, memutuskan untuk pulang kampung ke Ekuador dan bergabung dengan klub Liga de Quito, setelah kontraknya diputuskan tak diperpanjang oleh Setan Merah.

Liga de Quito mengumumkan kedatangan Valencia lewat sebuah tayangan video yang diunggah berbagai kanal media sosial resmi klub, pada Sabtu dini hari WIB, memperlihatkan bek berusia 33 tahun itu berada di markas mereka Stadion Casa Blanca, Quito, Ekuador, mengenakan seragam putih bernomor punggung 25.

Akun twitter resmi Liga de Quito, @LDU_Oficial, juga mengunggah pesan selamat datang kepada Valencia diserta sebuah video berisi ringkasan penampilannya di Manchester United.

"Ia tiba untuk menulis sejarah baru bersama LIGA, selamat datang Antonio Valencia di Juara Ekuador," tulis @LDU_Oficial.

Baca juga: Kontrak berakhir, Solskjaer konfirmasi kepergian kapten United

Pihak klub tak menjelaskan detail kontrak Valencia, yang selama satu dasawarsa terakhir mengenakan seragam Manchester United.

Setelah dua musim membela El Nacional di Ekuador, Valencia mulai merantau ke Eropa dengan hijrah ke Villarreal pada 2005.

Setelah tenor sukses sebagai pemain pinjaman di Wigan Athletic, ia dipermanenkan klub Inggris itu dan tampil satu musim sebelum diboyong ke Old Trafford pada 2009.

Selama membela Manchester United, Valencia merasakan dua gelar juara Liga inggris, satu trofi Piala FA, satu trofi Liga Europa serta dua trofi Piala Liga Inggris.

Valencia baru saja selesai mengkapteni tim nasional Ekuador dalam Copa America 2019 di Brasil, namun langkah mereka terhenti sebagai juru kunci Grup C dengan raihan satu poin.

Liga de Quito merupakan klub Ekuador pertama yang berhasil menjuarai Copa Libertadores dan Copa Sudamericana pada 2008 dan 2009. Musim 2018, Liga de Quito menjuarai Serie A Liga Ekuador 2018, namun saat ini separuh musim 2019 berjalan mereka tertahan di urutan ketujuh klasemen.

Baca juga: Bek Crystal Palace Wan-Bissaka jalani tes medis dan segera gabung MU

Baca juga: Solskjaer perlu rekrut enam pemain lagi

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar