Wonosobo (ANTARA) - Kementerian Pemuda dan Olahraga RI menyerahkan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonosobo berupa alat kebugaran yang dipasang di Alun-alun Kota Wonosobo.

"Sekarang untuk fitnes tidak perlu keluar biaya. Pengadaan ini dilakukan agar masyarakat bisa berolahraga di tempat umum secara gratis," tutur Deputi bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI Raden Isnanta saat ditemui di Wonosobo, Sabtu.

Dengan cara ini, katanya, diharapkan bisa mendukung upaya Pemkab Wonosobo untuk membangun masyarakat yang sehat secara jasmani dan rohani.

Fasilitas olahraga gratis tersebut ditempatkan pada dua lokasi, yaitu sisi barat dan timur Alun-alun dengan masing-masing lokasi memiliki empat perangkat fitnes.

Melalui bantuan tersebut, Pemkab Wonosobo pun berkomitmen akan mengembangkan program fasilitas olahraga gratis bagi masyarakat.

"Kami sangat berterima kasih kepada Kemenpora yang sudah membantu prasarana alat olahraga di ruang publik. Ke depan akan bersama-sama mendorong masyarakat agar sadar akan pentingnya olahraga untuk kesehatan," ujar Bupati Wonosobo Eko Purnomo dalam kesempatan yang sama.

Selain meresmikan fasilitas fitnes gratis, Kemenpora dan Pemkab Wonosobo juga menyelenggarakan senam massal bertema "Senam Kesegaran Jasmani Djadoel".

Kegiatan tersebut diikuti 12.500 peserta dan berhasil memecahkan rekor MURI untuk senam dengan peserta terbanyak.

Eko berharap warga Wonosobo bisa lebih peduli dengan kesehatan dan rutin berolahraga dengan kegiatan unik tersebut.

"Kami akan lebih bangga lagi kalau masyarakat Wonosobo bisa berolahraga, karena dengan olahraga masyarakat bisa lebih sehat, memudahkan aktivitas sehari-hari," pungkas Eko menambahkan.

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2019