Inilah kesempatan kita untuk mempromosikan produk-produk khas Kota Singkawang seluas-luasnya
Pontianak (ANTARA) - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kota Singkawang memfasilitasi sebanyak 20 pelaku usaha yang ada di kota itu, mengikuti pameran Sarawak Timber SMEs Expo 2019 di Sarawak, Malaysia.

"Pameran ini berlangsung dari tanggal 27-30 Juni 2019 di Borneo Convention Center Kuching, Malaysia. Kami memfasilitasi keberangkatan 20 peserta dari Singkawang pada tahun ini," kata Kepala Seksi (Kasi) Usaha Industri Disperindagkop dan UMKM Singkawang Yasir Dorga di Singkawang, Sabtu.

Dia mengatakan, kegiatan pameran bertaraf internasional ini diselenggarakan atas kerja sama antara Sarawak Timber Industry Development Corporation (STIDC) dan Ministry of Industrial and Entrepreneur Development (MIED) Malaysia.

"Expo tahun ini akan menampilkan lebih dari 400 stan dan 200 peserta pameran," tuturnya.

Dia menyebutkan, sebanyak 20 peserta UKM/IKM dari Kota Singkawang mengikuti pameran ini. Turut serta perwakilan dinas sebagai pendamping bersama Kamar Dagang Industri (Kadin) Kota Singkawang.

"Kami membawa Kadin Kota Singkawang yang nantinya akan turut menjalin kerja sama dagang bagi pengusaha atau IKM dari Sarawak dengan Kota Singkawang khususnya maupun Kalimantan Barat umumnya," ujarnya

Rombongan pameran, katanya, dibagi menjadi dua tim. Tim pertama datang lebih awal, Selasa (25/6/2019) untuk menyelesaikan dekorasi yang nantinya akan diisi oleh peserta dari UKM/IKM Kota Singkawang. Kemudian, tim kedua menyusul Rabu (26/6/2019) dengan membawa produk-produk yang akan dipamerkan.

"Kami juga membawa batik khas Kota Singkawang, furnitur atau kerajinan kayu, kain tenun, aneka kue dan camilan, maupun aksesoris lainnya yang bisa menjadi oleh-oleh khas Kota Singkawang," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Disperindagkop UMKM Kota Singkawang Muslimin mengatakan kegiatan ini sebagai ajang promosi produk-produk kerajinan UKM/IKM Kota Singkawang serta pembelajaran agar dapat dikenal secara luas baik nasional maupun internasional.

"Jadi inilah kesempatan kita untuk mempromosikan produk-produk khas Kota Singkawang seluas-luasnya," katanya.

Baca juga: "3 Festivals 1 Destination", cara Sarawak gaet turis
Baca juga: Sarawak kirim kontingen 390 personel pada PGD di Kalbar
Baca juga: Cap Go Meh berdampak positif bagi ekonomi Singkawang

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019