counter

MotoGP

Raih pole position ketiga dan rekor di Assen, ini komentar Quartararo

Raih pole position ketiga dan rekor di Assen, ini komentar Quartararo

Fabio Quartararo berpacu dalam latihan bebas MotoGP di sirkuit TT di Assen, Belanda, pada 28 Juni 2019 (AFP / VINCENT JANNINK)

Jakarta (ANTARA) - Pebalap rookie sensasional Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) kembali membuat sejarah sebagai peraih pole position beruntun termuda di MotoGP usai menjadi yang tercepat di kualifikasi GP Belanda, Sabtu.

Pebalap asal Prancis itu mencetak waktu tercepat di kualifikasi dengan 1 menit 32,017 detik, yang juga rekor baru putaran tercepat di Sirkuit Assen, untuk mengalahkan Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) di P2 dengan margin 0,140 detik, demikian laman resmi MotoGP.

Quartararo merupakan peraih pole position di seri sebelumnya di Catalunya.

Pole position di Assen merupakan kali ketiga bagi pebalap tim satelit Yamaha itu setelah pole position pertama ia raih di Jerez.

"Aku tak bisa berkata-kata. Ini sungguh luar biasa," kata Quartararo usai kualifikasi.

"Berada di pole position dan memecahkan rekor putaran bagi aku, aku sangat bangga dengan tim yang membuat aku seperti sekarang. Kami berkerja keras terhadap laju (motor) hari ini dan kemarin, dan aku kira itu cukup bagus."

Baca juga:Quartararo raih pole position lagi, kali ini di Assen


Viñales juga mendapati akhir pekan ini dengan penampilan kuat di sesi latihan bebas dan berharap bisa menjaga momentum Yamaha di balapan nanti.

"Hari ini targetnya adalah baris terdepan," ungkap pebalap Spanyol itu.

"Aku merasa cukup baik. Aku merasa kami di level yang cukup baik. Kami akan coba mempertahankan momemtun ini besok."

"Kami tahu ini akan jadi balapan yang sulit jadi kami akan mencoba yang terbaik, kami coba tekan dari awal karena aku rasa aku puya ritme yang bagus di awal," kata Viñales.

Sementara itu Alex Rins yang lolos dari Q1 akan melengkapi baris terdepan di P3, hasil kualifikasi terbaiknya musim ini.

"Ritme yang luar biasa. Untuk besok tiga atau empat pebalap Yamaha sangat kuat jadi kami harus lakukan balapan yang cerdas," kata Rins.

Penampilan impresif juga diperlihatkan rekan satu timnya, Joan Mir, untuk merebut posisi start kelima.

Juara GP Belanda tahun lalu, Marc Marquez (Repsol Honda) menjadi pebalap Honda tercepat untuk mengunci P4. Sedangkan Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) akan start dari P6. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) di P8.

Danilo Petrucci (Ducati) yang tampil kencang di sesi latihan, harus puas di P7 sementara rekan satu timnya, Andrea Dovizioso akan start dari P11, di belakang pebalap tim satelit Ducati Jack Miller.

Seperti yang Dovi pernah katakan, Assen merupakan sirkuit yang kurang bersahabat dengan karakter motor Ducati.

Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory) lolos ke Q2 namun tak mempunyai kecepatan yang bisa mengalahkan 11 pebalap lainnya dan akan start dari P12.

Sementara itu Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) gagal lolos di Q1 dan akan start dari P14.

Jorge Lorenzo (Repsol Honda) mengalami kecelakaan parah ketika latihan, Jumat dan dinyatakan tidak fit untuk turun di Belanda dan juga seri selanjutnya di Jerman karena mengalami retak tulang belakang.

Baca juga:Lorenzo harus jalani pemindaian usai kecelakaan di Assen

Baca juga:Miller kemungkinan besar bertahan di Ducati hingga 2020
 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Dadan Ramdani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Pengamanan khusus untuk pembangunan sirkuit MotoGP

Komentar