Jakarta (ANTARA) - Charles Leclerc mengunci pole position untuk Ferrari di GP Austria pada Sabtu sementara pemuncak klasemen, Lewis Hamilton, berada di peringkat dua untuk Mercedes.

Setelah memimpin di FP2 dan FP3, pebalap asal Monako itu meraih pole position keduanya musim ini, setelah Bahrain, usai menjadi yang tercepat dengan waktu 1 menit 3,003 detik, unggul 0,259 detik dari Hamilton, demikian laman resmi Formula 1.

Hamilton mengakhiri kualifikasi di bawah pemeriksaan dan berpeluang terkena penalti jika terbukti menghalangi Kimi Raikkonen di Q1.

"Mobil terasa luar biasa," kata Leclerc seperti dikutip Reuters. "Sangat menyenangkan mengendarai mobil ini di atas batasannya. Sangat senang membawa pole position lagi."

Hamilton, yang memimpin klasemen dengan unggul 36 poin dari pesaing terdekatnya, Valtteri Bottas, rekan satu tim di Mercedes, mengakui kecepatan Ferrari sepanjang sesi latihan dan kualifikasi.

"Selamat untuk Charles, dia cepat di sepanjang akhir pekan. Kami tak bisa mengejarnya akhir pekan ini," kata Hamilton.

Sementara juara GP Austria tahun lalu, Max Verstappen (Red Bull) akan start dari P3 di depan Valtteri Bottas (Mercedes) di P4.

"Max juga membalap dengan sangat baik akhir pekan ini. Aku kira bagus melihat ada tiga tim yang berbeda di tiga posisi teratas," kata Hamilton.

"Aku harus melawan para pemuda ini. Boleh juga."

Kevin Magnussen memimpin persaingan tim papan tengah dengan mengunci P5 untuk Haas, namun harus turun ke P10 karena mendapati penalti buntut penggunaan girboks baru sebelum kualifikasi.

Lando Norris finis keenam tercepat untuk McLaren di depan pebalap Alfa Romeo Kimi Raikkonen dan Antonio Giovinazzi.

Pierre Gasly di peringkat sembilan untuk Red Bull setelah gagal memanfaatkan kesempatan lolos ke Q3.

Pebalap Ferrari Sebastian Vettel mengalami kendala mekanis dan gagal mencatatkan waktu di Q3. Ferrari kemudian menyatakan masalah yang dialami pebalap Jerman itu terkait dengan saluran tekanan udara ke mesin.

Baca juga:Kondisi trek berangin, Bottas, Verstappen kecelakaan di Austria
Baca juga:Terkena Penalti, Sainz, Albon start dari grid belakang di GP Austria


 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2019