Jakarta (ANTARA) - BUMN Indonesia PT Indra Karya (Persero) menjalin komitmen bisnis strategis dengan BUMN asal India Wapcos Limited untuk bersama-sama memperluas cakupan bisnis di Asia-Afrika.

Direktur Utama PT Indra Karya (Persero) Milfan Rantawi mengatakan bahwa saat ini Indra Karya dan Wapcos turut memperkuat hubungan antara Indonesia - India dengan menjalin hubungan bisnis sebagai mitra strategis pada beberapa proyek-proyek pengembangan sumber daya air (PSDA) di Indonesia.

"Kami memenuhi undangan dari Wapcos Limited sebagai delegasi dari Indonesia, kami sebagai BUMN bersinergi menjalin kerja sama sebagai mitra strategis," ujar Milfan dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Saat ini peluang pasar Asia - Afrika terbuka lebar, dengan 47 delegasi yang hadir ini diharapkan hubungan bisnis BUMN antar negara di bidang pengembangan sumberdaya air dan infrastruktur ini dapat menghasilkan sinergi yang saling menguntungkan dan memperkuat hubungan bisnis antar negara, terutama Indonesia - India.

Pertemuan ini juga membuka peluang bagi Indra Karya ke depan untuk melakukan perluasan pasar bersama Wapcos untuk menggarap beberapa proyek di wilayah Asia - Afrika seperti Bangladesh, Ghana, Nepal dan Papua Nugini.

Saat ini Indra Karya dengan Wapcos menggarap tiga proyek strategis nasional di mana Indra Karya sebagai lead nya dengan total nilai proyek sebesar Rp100 miliar, dengan komposisi presentase untuk Wapcos sekitar 15 persen. Ke depan, Indra Karya dan Wapcos akan memulai inisiasi penetrasi pasar di Bangladesh, Ghana, dan Papua Nugini.

Masing-masing negara mendapatkan kesempatan untuk presentasi terkait beberapa kerja sama strategis yang saat ini tengah berjalan bersama dua menteri dari pemerintahan India yakni Minister of Ministry Jal Shakti Gov. India (PU - India) Shri Gajendra Singh Shekhawat dan Minister State Ministry Jal Shakti and Ministry Social Justice and Empowerment Shri Rattan Lal Kataria.

Selain itu turut hadir pula pejabat tinggi India lainnya yakni Secretary Minister of Ministry Jal Shakti, Shri U.P Shingh dan salah seorang direksi yakni Chief and Managing Director (CMD) of Wapcos Limited Shri R.K Gupta dalam pertemuan tersebut.

Menteri Gajendra Singh mengatakan, Wapcos limited sebagai BUMN India dapat menjalin dan memperkuat kerja sama bisnis antar BUMN lintas negara seperti dengan Indonesia dan negara lainnya sebagai mitra strategis melalui jasa bisnis di bidang air, energi, dan Infrastruktur.

Melalui Wapcos, India memperkuat kerja sama bisnis dengan negara-negara sahabat dengan beberapa sektor pada 47 negara Asia - Afrika, seperti Afghanistan, Indonesia, Bhutan, Ghana, Nigeria, Malaysia, Singapura, Bangladesh.

Kerja sama bisnis lintas negara ini tidak lepas dari semangat yang diusung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Menteri BUMN Republik Indonesia Rini Soemarno yang menginginkan BUMN bergerak cepat mengantisipasi perubahan dengan meningkatkan kapasitas dan kualitas pelayanan pada jasa.
Baca juga: Sembilan BUMN Indonesia siap ekspansi bisnis di Republik Laos

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2019