Jakarta (ANTARA) - Pebalap Mercedes Lewis Hamilton menyatakan dirinya pantas menerima penalti mundur tiga posisi start di GP Austria usai kedapatan menghalangi pebalap Alfa Romeo Kimi Raikkonen di babak kualifikasi, Sabtu.

Steward memberinya hukuman itu sehingga Hamilton turun dari posisi start kedua ke posisi lima, sementara pebalap Red Bull Max Verstappen akan start dari P2 di belakang peraih pole position Charles Leclerc dari tim Ferrari, demikian seperti dikutip Reuters.

Selain mengganjar penalti mundur posisi start, steward juga memberi penalti satu poin kepada sang pebalap asal Inggris itu.

Setelah mendapat penalti, Hamilton seharusnya start dari P5 namun dia akan start dari P4 karena pebalap Haas Kevin Magnussen, yang mengunci P5 di kualifikasi, juga terkena penalti karena mengganti girboks setelah mengalami kebocoran oli.

Pebalap Denmark itu mundur lima posisi karena penalti tersebut.

"Sangat pantas menerima penalti hari ini dan tak ada masalah menerimanya," ungkap Hamilton.

"Itu kesalahanku dan saya bertanggung jawab penuh untuk itu. Saya tidak sengaja."

Saat ini Hamilton telah memenangi empat balapan terakhir dan total enam dari delapan balapan musim ini untuk memimpin klasemen pebalap dengan keunggulan 36 poin dari pesaing terdekatnya sekaligus rekan satu tim, Valtteri Bottas.

"Hal ini terjadi untuk menguji kami... kami memiliki kekuatan untuk mengatasi masalah bahkan ketika mereka tampak terlalu besar," kata pebalap asal Inggris itu.

Sementara itu, rekan satu tim Hamilton, Valtteri Bottas akan start dari P3 setelah finis keempat di kualifikasi. Pebalap asal Finlandia itu meraih pole position di dua balapan terakhir di Austria serta menjuarai balapan di sana pada 2017.


Baca juga:Ungguli Hamilton, Leclerc raih pole position di Austria
Baca juga:Terkena Penalti, Sainz, Albon start dari grid belakang di GP Austria
 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2019