Wonosobo (ANTARA) - Sejumlah peserta "Sepeda Sehat" yang berlangsung di Kota Wonosobo berharap kegiatan yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga RI serta Pemkab Wonosobo itu bisa menjadi agenda rutin tahunan.

"Semoga (agenda) ini bisa berlanjut, ini sangat bagus untuk membuat warga aktif olahraga," ujar salah seorang peserta Wagiman saat ditemui di Wonosobo, Minggu.

Wagiman yang datang bersama lima orang rekannya mengaku sangat senang dan mengapresiasi kegiatan Sepeda Sehat, karena acara dengan jumlah peserta mencapai 6.000 orang seperti itu baru pertama kali diadakan di Wonosobo.

Selain itu, acara semacam ini juga bisa menambah silaturrahmi dengan warga atau komunitas sepeda dari daerah lain.

"Sebelumnya ada event tapi tidak sebesar dan semeriah ini, jelas kami sangat senang dan mendukung. Selain mendapat sehat, juga menambah teman," pungkas pria berusia 60 tahun tersebut.

Dukungan juga disampaikan pihak Satuan Lalu Lintas Polres Wonosobo, yang menilai acara Sepeda Sehat bisa memberi contoh bagi warga untuk hidup sehat dan beralih ke transportasi yang ramah lingkungan.

"Jadi masukan positif buat masyarakat untuk memulai hidup sehat, mengurangi polusi dan mulai memakai transportasi yang merakyat," kata Kasatlantas Polres Wonosobo AKP Putri Nur Cholifah.

Senada dengan Wagiman, AKP Putri juga memandang kegiatan sepeda massal juga bisa meningkatkan kesolidan lapisan masyarakat Wonosobo.

"Semua elemen akrab, menunjukkan Wonosobo kota damai, menumbuhkan keakraban, yang tua muda saling bercengkrama. Dari situ muncul persaudaraan baru," katanya menambahkan.

Baca juga: 11.000 orang ikuti kegiatan olahraga santai Wonosobo
Baca juga: Kemenpora pasang alat kebugaran di alun-alun Wonosobo

 

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019