Piala Afrika

Kejutkan Nigeria, Madagaskar jawarai Grup B

Kejutkan Nigeria, Madagaskar jawarai Grup B

Pemain tim nasional Madagaskar Lalaina Nomenjanahary merayakan golnya ke gawang Nigeria dalam laga pamungkas penyisihan Grup B Piala Afrika 2019 di Stadion Alexandria, Mesir, Minggu (30/6/2019) setempat. (ANTARA/AFP/Giuseppe Cacace)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional Madagaskar berhasil menciptakan kejutan dengan mengalahkan Nigeria 2-0 dalam laga pamungkas penyisihan Grup B Piala Afrika 2019 di Stadion Alexandria, Mesir, Senin dini hari WIB.

Kemenangan itu bukan saja memastikan langkah Madagaskar untuk melaju ke babak 16 besar dalam penampilan perdana mereka di putaran final Piala Afrika, tetapi juga menjawarai Grup B dengan koleksi tujuh poin, demikian catatan laman resmi turnamen.

Nigeria (6) meski kalah, sudah melaju ke babak 16 besar sejak laga kedua lalu, dan kini akan melangkah sebagai runner-up Grup B.

Catatan bersejarah Madagaskar ditorehkan oleh tim besutan Nicolas Dupuis itu berkat gol-gol yang dicetak oleh Lalaina Nomnenjanahary dan tendangan bebas Carolus Andriamatsinoro.

Madagaskar tampil beringas sejak sepak mula meski tak banyak menguasai bola.

Pada menit ke-13, sebuah kesalahan fatal dilakukan barisan pertahanan Nigeria, ketika John Ogu melepaskan umpan kepada Leon Balogun di tepian kotak penaltinya sendiri.

Alih-alih menyambut bola, Balogun menunggul bola bergulir mendekatinya dan Nomenjanahary dengan cerdik mencurinya, membawanya masuk ke dalam kotak penalti dan menaklukkan kiper Ikevhukwu Ezenwa untuk membawa Madagaskar unggul.

Gol itu menggoyahkan mental para pemain Nigeria yang terus menguasai bola namun seperti kehabisan akal tiap kali mencapai sepertiga akhir lapangan.

Keputusan pelatih Gernot Rohr yang membongkar pasang susunan pemain mungkin akan dijadikan kambing hitam atas rendahnya kualitas permainan Elang Super.

Skor 1-0 untuk Madagaskar bertahan hingga turun minum, namun mereka tetap tenang ketika memasuki babak kedua membiarkan Nigeria menguasai bola namun menyergap tiap mendapat kesempatan.

Tujuh menit memasuki babak kedua, Ibrahim Amada dijatuhkan di dekat kotak penalti Nigeria oleh Wilfried Ndidi, yang baru masuk setelah turun minum menggantikan Ogu.

Andriamatsinoro yang menghadapi bola melepaskan tembakan keras yang sempat membentur pagar hidup pemain Nigeria sebelum melengkung dan melesak ke sudut kanan atas gawang tak terjangkau Ezenwa sekaligus menggandakan keunggulan Madagaskar 2-0.

Gol itu malah membuat Madagaskar kian ganas tiap memperoleh bola, namun sejumlah peluang yang mereka hasilkan tak mampu menambah besaran keunggulan hingga laga usai.

Di babak 16 besar, Madagaskar akan menanti salah satu peringkat ketiga terbaik fase penyisihan grup.

Sementara Nigeria bakal bertemu tim yang berhasil menempati peringkat kedua Grup F.

Baca juga: Ringkasan Piala Afrika, empat tim lolos usai rangkaian laga kedua

Susunan pemain:

Madagaskar (4-3-3): Melvin Adrien; Romain Metanire, Pascal Razakanantenaina (Mamy Randrianarisoa), Thomas Fontaine, Jerome Mombris; Marco Ilaimaharitra, Anicet Nadrianantenaina, Ibrahim Amada (Rayan Raveloson); Carolus Andriamatsinoro, Faneva Ima Andriatsima (William Gros), Lalaina Nomenjanahary
Pelatih: Nicolas Dupuis

Nigeria (4-2-3-1): Ikechukwu Ezenwa; Chidozie Awaziem, Leon Balogun, William Troost-Ekong, Ola Aina; Peter Etobo, John Obi Mikel (Alex Iwobi); Ahmed Musa, John Ogu (Wilfred Ndidi), Samuel Kalu (Moses Simon); Odion Ighalo
Pelatih: Gernot Rohr

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar