Palembang (ANTARA) - Jajaran Korem 044/Garuda Dempo terus maksimalkan pencegahan kebakaran hutan, kebun dan lahan agar kabut asap tidak terjadi di Sumatera Selatan.

Danrem 044/Garuda Dempo Kolonel Arh Sonny Septiono selaku Dansatgas antisipasi kebakaran hutan, kebun dan lahan di Palembang, Senin mengatakan, pihaknya telah membentuk satuan tugas dalam pencegahan kebakaran hutan, kebun dan lahan tersebut.

Baca juga: Akademisi sebut merupiahkan kayu tak bernilai bisa cegah Karhutla
Baca juga: Masuk hutan, penambangan minyak ilegal di Jambi makin mengkhawatirkan


Satuan tugas (Satgas) itu akan memaksimalkan pencegahan kebakaran hutan agar kabut asap tidak timbul apalagi Palembang akan menjadi tuan rumah kejuaraan dunia Motorcross Grand Prix.

“Satgas pengendalian kebakaran hutan dan lahan itu mempunyai tugas pokok yakni melaksanakan operasi pengendalian dan pencegahan," ujar dia.

Selain itu Satgas juga memaksimalkan pemadaman titik api agar kebakaran hutan, kebun dan lahan tidak terjadi.

Bahkan, pihaknya bertekad untuk menghilangkan asap akibat kebakaran hutan dan lahan dalam rangka mendukung tugas pokok Pemprov Sumsel.

Yang jelas, pihaknya akan All Out bekerja sama dengan seluruh unsur terkait dan akan fokus pada pencegahan dan penindakan.

Dia juga mengatakan, upaya yang telah dan terus dilaksanakan dalam rangka pencegahan kebakaran hutan, kebun dan lahan diantaranya melaksanakan rapat koordinasi siaga darurat, pengaktifan Posko.

Selain itu mengikuti pembekalan kesiapan menghadapi bahaya kebakaran yang diselenggarakan BNPB dan melaksanakan kegiatan sosialisasi serta patroli.

Antisipasi secara dini tersebut hal cukup penting sehingga pihaknya memaksimalkan pencegahan.

Kesiapan pencegahan kebakatan hutan, kebun dan lahan tersebut telah dipaparkan dihadapan Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan dalam rapat koordinasi antisipasi kabut asap beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ribuan pohon hutan Indonesia diadopsi melalui kegiatan lari
Baca juga: Potret pengelolaan hutan tanaman rakyat di Lubuk Seberuk

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019