counter

Laporan dari London

Diaspora di Inggris gelar promosi Indonesia Summer Fayre

Diaspora di Inggris gelar promosi Indonesia Summer Fayre

Penggagas "Indonesia Summer Fayre" Lenny Soddart (tengah) berfoto bersama dengan pengunjung yang berbelanja di stan miliknya. Indonesia Summer Fayre diselenggarakan diaspora Indonesia di Hemel Hempstead, Inggris, Minggu (30/6/2019) untuk mempromosikan buday dan kuliner Indonesia. (ANTARA/Zeynita Gibbons)

London (ANTARA) - Diaspora Indonesia yang berada di Inggris mengelar acara promosi budaya dan kuliner "Indonesia Summer Fayre" yang digelar di halaman belakang kediaman keluarga Ansyelina Monika di daerah Hemel Hempstead, Inggris, Minggu (30/6).

Acara yang digagas diaspora Indonesia, Lenny Soddart, diawali dengan doa bersama dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan penilaian untuk para pengunjung yang berbusana tradisional nusantara terbaik dan berbusana batik terbaik 2019.

"Acara Indonesia Summer Fayre 2019 diselenggarakan dengan tema 'Gerakan Nasional Wanita Indonesia Kembali Berbusana Nusantara' sebagai harapan para pengunjung mengenakan busana tradisional Indonesia atau batik," ujar Lenny.

Acara dilanjutkan dengan tari jaipong yang dibawakan penari diaspora Indonesia yang sering melakukan pertunjukan di Inggris, Vie Alexandra.

Ketua Indonesia UK Society, Cathy Lelengboto Paat, Minggu, mengatakan bahwa ia mengapresiasi acara promosi budaya dan kuliner serta busana Indonesia yang diadakan oleh Diaspora Indonesia.

Diakuinya banyak acara promosi budaya dan kuliner yang diadakan diaspora Indonesia yang ada di Inggris dalam upaya mendukung kegiatan perwakilan Indonesia di Inggris, terutama pada saat peringatan hubungan diplomatik Indonesia Inggris usia ke-70 pada tahun ini.

Acara juga dimeriahkan permainan kuis pertanyaan tentang serba-serbi Indonesia dengan berbagai hadiah dipersembahkan oleh para peserta Indonesia Summer Fayre, antara lain Indonesia Home Crafts, Ansyelina Monika Crafts, Sisilia Perkins Crafts, dan Toko Popindo by Yunike.

Di sisi kuliner, ada beberapa stan yang menjual makanan Indonesia, seperti nasi campur, rendang, lotek, bebek goreng khas Surabaya, siomay, bakso Malang campur dari Warung Roswati Di London, dan aneka kue kering dari Ari Philpot, Novi Rattigan dan Gina Kemp.

Baca juga: Musisi militer Inggris turut semarakkan hubungan Indonesia-Inggris

Baca juga: Perayaan HUT Ratu Inggris di Jakarta jadi momen perpisahan Dubes Malik


Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Azizah Fitriyanti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

“TeKo Nang Jawa”, tur promosi budaya Korsel – Wawancara khusus

Komentar