Pangkalpinang, Babel (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rio Setiady mengecam kegiatan kontes waria yang diselenggarakan Minggu (30/6) malam di daerah itu.

"Kontes waria yang diselenggarakan tadi malam di salah satu kelurahan di Pangkalpinang tidak sesuai dengan adat, budaya, norma dan nilai sosial masyarakat setempat," kata Sekretaris Komisi III DPRD Kota Pangkalpinang, Rio Setiady di Pangkalpinang, Senin.

Menurut dia, kegiatan komunitas waria seperti itu dinilai cukup meresahkan dan berpotensi melanggar Perda Ketertiban Umum yaitu perbuatan yang dapat meresahkan masyarakat.

Baca juga: FPI Depok Bubarkan Paksa Kontes Waria

Ia mengimbau masyarakat agar menjaga suasana kondusif di Kota Pangkalpinang dengan menghindari penyelenggaraan kegiatan yang dapat meresahkan masyarakat.

Menurut dia acara seperti itu tidak ada manfaatnya, apalagi ditonton kalangan anak-anak yang dikhawatirkan mempengaruhi tumbuh kembang generasi penerus.

Baca juga: Ulama Kecam Kontes Waria Aceh

"Ini harus menjadi perhatian bersama, agar ke depan tidak ada lagi kegiatan sejenis dan masyarakat ikut menjaga kondusivitas situasi daerah itu yang selama ini sudah berjalan dengan baik," ujarnya.

Rio mengatakan, masih banyak kegiatan positif yang bisa diselenggarakan untuk Kota Pangkalpinang berbasis adat dan budaya yang ada di daerah itu.

"Kegiatan itu tidak ada manfaatnya, pihak penyelenggara harusnya memahami kultur budaya yang ada di masyarakat, Kami berharap acara seperti ini tidak terulang," katanya. 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019