Jayapura (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menyatakan kesiapannya mengikuti Pameran The 1st Pacific Exposition 2019 yang akan diselenggarakan di Auckland, Selandia Baru pada 11-14 Juli 2019.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Hery Dosinaen, di Jayapura, Senin, mengatakan kegiatan pameran yang mengangkat isu pariwisata, ekonomi dan lainnya ini merupakan kesempatan bagus untuk memperkenalkan budaya Bumi Cenderawasih.

"Kami akan melibatkan beberapa kabupaten untuk mewakili Papua guna memperlihatkan kebudayaan karena Bumi Cenderawasih memiliki budaya yang unik," katanya.

Baca juga: DKB: kelembagaan dinas kebudayaan menjaga eksistensi budaya asli Papua

Menurut Hery, dengan keberangkatan ini tentunya membutuhkan pembiayaan yang tidak sedikit, sehingga pihaknya akan mengadakan rapat internal dengan gubernur, wakil gubernur serta dinas terkait untuk membahasnya secara khusus.

"Kami akan rapat dulu untuk membicarakan hal ini, kesiapan seperti apa, kabupaten mana saja yang akan dilibatkan maka akan dibahas terlebih dahulu, namun pastinya kami siap sukseskan," ujarnya.

Dia menjelaskan dari ajang pameran tersebut, diharapkan Papua dapat meningkatkan perekonomian khususnya untuk wilayah Indonesia Timur.

"Harapan semua bahwa kementerian dan lembaga serta stakeholder agar sepaham dengan bagaimana membangun akses penerbangan, laut dan darat dari Papua ke Papua Nugini juga negara pasifik lainnya," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya pun berharap Pemerintah Pusat memberikan izin agar dapat membuka penerbangan dari Jayapura ke Port Moresby, Jayapura-Darwin dan perhubungan laut ke negara tetangga di Pasifik guna meningkatkan perekonomian, hal ini juga menjadi harapan dan hal yang sudah diperjuangkan Gubernur Papua sejak 2013 hingga kini.

Baca juga: Bank Papua bantu penyelenggaraan festival BMW Rp114 juta
Baca juga: Kepedulian Presiden Joko Widodo membangun Papua

 

Pewarta: Hendrina Dian Kandipi
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2019