Belum semua maskapai menurunkan harga, sehingga, ke depannya bisa ada penurunan lagi
Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan penurunan harga tiket pesawat pada Juni 2019 mendorong deflasi di Kota Malang, sebesar 0,17 persen atau menjadi yang terendah di Jawa Timur.

Kepala BPS Kota Malang Sunaryo di Malang, Jatim, Senin, mengatakan bahwa penurunan harga tiket pesawat yang mencapai 3,90 persen dan memberikan andil mencapai 0,11 persen, memberikan dampak cukup besar terhadap deflasi yang terjadi di Kota Malang.

"Penurunan harga tiket pesawat ini cukup signifikan terhadap deflasi yang terjadi di Kota Malang," katanya.

Sebagai catatan, kenaikan atau penurunan harga tiket pesawat di Kota Malang memberikan pengaruh sangat signifikan terhadap inflasi maupun deflasi yang terjadi.

Mulai Januari hingga Mei 2019, inflasi dan deflasi Kota Malang sangat terpengaruh harga tiket pesawat.

Sunaryo menambahkan, saat ini, pemerintah masih menunggu penurunan tiket pesawat, karena belum semua maskapai menurunkan harga pada Juni 2019. Diharapkan, pada Juli, harga tiket pesawat mengalami penurunan.

"Belum semua maskapai menurunkan harga, sehingga, ke depannya bisa ada penurunan lagi. Selain harga tiket pesawat, deflasi Kota Malang juga didorong penurunan harga bahan makanan," kata Sunaryo.

Komoditas yang memberikan andil terhadap deflasi Kota Malang adalah penurunan harga bawang putih sebesar 15,27 persen dan memberikan andil 0,09 persen, diikuti daging ayam ras yang turun sebesar 2,84 persen dengan andil 0,03 persen.

Selain itu, harga telur ayam ras pada Juni 2019 tercatat juga mengalami penurunan sebesar 4,33 persen dan memberikan andil 0,03 persen, dan penurunan harga bawang merah sebesar 4,07 persen dengan andil 0,01 persen.

Sementara itu, beberapa komoditas utama juga mengalami kenaikan harga, dan menahan laju deflasi. Komoditas tersebut antara lain adalah cabai merah yang naik sebesar 18,92 persen dengan andil 0,06 persen.

Kemudian, emas perhiasan mengalami kenaikan 1,97 persen dan memberikan andil 0,01 persen, diikuti daging ayam kampung naik 9,36 persen dengan andil 0,01 persen, tarif kereta api naik 1,96 persen, dan harga gula pasir naik 0,92 persen.

"Bahan makanan juga turun, sehingga memberikan kontribusi cukup besar," tutup Sunaryo.

Baca juga: BPS yakini pencapaian inflasi akhir tahun dibawah asumsi
Baca juga: BPS catat laju inflasi Juni 2019 sebesar 0,55 persen

Baca juga: Kenaikan harga cabai merah dorong inflasi Kota Malang

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019