Shopee Liga 1 2019

Persebaya menang perdana di kandang usai menang 3-2 lawan Persela

Persebaya menang perdana di kandang usai menang 3-2 lawan Persela

Kapten Persebaya Ruben Sanadi (kanan) menggiring bola ke daerah pertahanan Persela Lamongan pada lanjutan Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Senin (1/7/2019). (Foto Fiqih Arfani)

Surabaya (ANTARA) - Persebaya mencatatkan kemenangan perdana di kandang setelah menang 3-2 melawan Persela Lamongan pada pertandingan lanjutan Liga 1 musim kompetisi 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Senin sore.

Gol-gol Persebaya dicetak oleh Oktafianus Fernando ke-17, Irfan Jaya menit ke-61 dan Amido Balde menit ke-66, sedangkan gol Persela dilesakkan oleh Lucky Wahyu menit ke-3 dan Alex Dos Santos Goncalves menit ke-55.

Gol cepat Persela Lamongan dicetak oleh Lucky Wahyu saat pertandingan baru berjalan tiga menit melalui tendangan keras dari dalam kotak penalti.

Eks-pemain Persebaya itu mendapat umpan matang dari Malik Risaldi yang menyodorkan bola ke Lucky Wahyu dan tanpa pengawalan melakukan tendangan keras yang gagal ditaklukkan kiper Miswar Saputra.

Gol tersebut membuat tim tamu yang baru sehari ditinggal pelatih kepalanya, Aji Santoso, semakin bersemangat dan menciptakan peluang menit ke-5 melalui Alex Dos Santos Goncalves.

Tendangan kerasnya dari sudut sempit sisi kiri gawang Persebaya masih berhasil diblok oleh Miswar Saputra.

Menit ke-12, Persebaya yang tidak ingin malu di kandangnya berupaya menyamakan kedudukan dan mendapat peluang beruntun melalui dua tendangan penjuru, tapi masih gagal dalam penyelesaian akhir.

Gol penyama kedudukan tuan rumah tercipta menit ke-17 melalui sundulan Oktafianus Fernando memanfaatkan umpan tendangan penjuru Damian Lizio.

Hingga wasit Yudi Nurcahya asal Jawa Barat meniupkan peluit panjang, babak pertama berakhir dengan skor sama kuat, 1-1.

Babak kedua baru dua menit berjalan, Persela sempat membahayakan gawang Persebaya usai mendapat tendangan bebas, namun tendangan Alex Dos Santos Goncalves masih berada di atas tiang gawang.

Setelah mendapat peluang berkali-kali, striker asing asal Brazil tersebut membuat "Laskar Joko Tingkir" unggul setelah mendapat umpan Sugeng Efendi.

Gol berawal dari kegagalan pemain belakang Persebaya membuat perangkap offside sehingga Sugeng Efendi yang tinggal berhadapan dengan Miswar Saputra memberikan umpan tarik ke Alex yang berdiri bebas dan tinggal menceploskan bola ke gawang kosong.

Tertinggal, tuan rumah yang disaksikan sekitar 10 ribu suporternya terus menggempur pertahanan Persela, dimulai dari aksi Irfan Jaya menit ke 59 yang tendangannya hanya membentur tiang gawang.

Dua menit berselang, gelandang tBaca juga: Persebaya seri 1-1 lawan Persela di babak pertamaimnas Indonesia itu akhirnya merobek jala Persela memanfaatkan kemelut di muka gawang Dian Agus Prasetya sehingga membuat skor menjadi 2-2.

"Bajul Ijo" berbalik unggul 3-2 pada menit ke-66 setelah sundulan Amido Balde mengoyak jala Dian Agus usai menerima umpan matang Osvaldo Haay.

Demi mengejar ketertinggalan, Persela kemudian memasukkan gelandang serang asingnya, Rafael Gomes De Oliveira menggantikan peran Yohanis Nabar.

Menit akhir babak kedua, sempat terjadi insiden antarpemain kedua tim dan mengharuskan wasit merogoh kartu merah dari kantongnya untuk Damian Lizio.

Hingga pertandingan berakhir, skor 3-2 untuk tuan rumah tidak berubah dan membuat tim asuhan Djadjang Nurdjaman tersebut berada di peringkat lima klasemen sementara dengan koleksi delapan poin hasil dua kali menang, dua kali seri dan sekali kalah.

Sementara itu, Persela Lamongan semakin tenggelam di dasar klasemen dengan raihan dua poin hasil dua kali seri, empat kali kalah dan belum pernah menang.

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Persebaya juara Piala Gubernur Jatim

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar