Piala Dunia FIBA

Bradley Beal bidik satu tempat roster AS untuk Piala Dunia

Bradley Beal bidik satu tempat roster AS untuk Piala Dunia

Pebasket Washington Wizards Bradley Beal beraksi dalam laga lanjutan NBA melawan Boston Celtics di Capital One Arena, Washington DC, Amerika Serikat, Selasa (9/4/2019). (ANTARA/AFP/Getty Images/Rob Carr)

Jakarta (ANTARA) - Bintang Washington Wizards Bradley Beal membidik satu tempat di roster akhir tim nasional bola basket Amerika Serikat untuk Piala Dunia FIBA 2019 di China, pada 31 Agustus sampai 15 September mendatang.

Beal membintangi AS di timnas usia junior, saat menjuarai Piala FIBA America U16 2009 dan Piala Dunia FIBA U17 2010, namun hingga saat ini ia belum berkesempatan tampil di level senior.

"Saya ingin bermain dengan timnas musim panas ini," kata Beal dilansir laman resmi FIBA, Senin.

"Tentu banyak pemain yang bersaing menuju roster akhir untuk berangkat ke China, namun saya ingin berjuang untuk satu tempat di sana," ujarnya menambahkan.

Beal, yang dua musim terakhir selalu terpilih masuk tim All-Star NBA, tak lolos saringan akhir timnas AS yang memenangi medali emas Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil.

"Saya ingin mewakili negara di panggung dunia, memenangi medali dan trofi bersama timnas AS," katanya.

Baca juga: Donovan Mitchell, Kyle Kuzma berpeluang debut bela AS di Piala Dunia

Di China, AS berada di Grup E bersama Republik Ceko, Jepang dan Turki.

Beal menyadari ia akan berkesempatan untuk bertemu rekan setimnya di Wizards, Tomas Satoransky, yang membela Ceko.

"Tentu akan menyenangkan bermain melawan dia. Kami bahkan beberapa kali membicarakan hal itu sejak hasil undian keluar dan sejujurnya saya tak sabar bersaing melawan dia," ujarnya.

Baca juga: Penggawa Wizards Satoransky ikuti seleksi akhir Ceko untuk Piala Dunia

Beal menjadi satu dari 20 nama yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan timnas AS untuk persiapan Piala Dunia FIBA 2019.

AS dibesut juru taktik San Antonio Spurs Gregg Popovich sebagai pelatih kepala, didampingi jajaran asisten mumpuni Steve Kerr (pelatih kepala Golden State Warriors), Lloyd Pierce (pelatih kepala Atlanta Hawks), dan Jay Wright (pelatih kepala Universitas Villanova).

Pertandingan penyisihan Grup E bakal digelar di Shanghai dan AS membuka penampilan mereka menghadapi Ceko, sebelum melawan Turki dan Jepang tiap dua hari berselang.

Baca juga: Tunisia bidik babak kedua Piala Dunia FIBA

Baca juga: Montenegro bertekad tandai debut dengan sesuatu yang besar

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Berlatih basket bersama pemain NBA Jason Anthoney Richardson

Komentar