Jakarta (ANTARA) - Bintang tim NBA Denver Nuggets Nikola Jokic menjadi sorotan di antara 18 pemain yang masuk saringan lanjutan tim nasional Serbia dalam persiapan menjelang Piala Dunia FIBA 2019 di China pada 31 Agustus sampai dengan 15 September.

Musim lalu Jokic menjadi tulang punggung Nuggets yang membukukan 54 kemenangan dan 28 kekalahan (54-28) untuk menempati peringkat kedua Wilayah Barat musim reguler, meski langkah mereka terhenti pada semifinal Wilayah Barat usai kalah dalam tujuh pertandingan melawan Portland Trail Blazers.

Selain Jokic, sejumlah bintang NBA seperti Milos Teodosic (Los Angeles Clippers), Boban Marjanovic (Philadelphia 76ers), Nemanja Bjelica dan Bogdan Bogdanovic (Sacramento Kings) juga masuk daftar 18 pemain yang diumumkan laman resmi federasi bola basket Serbia KSS, Senin.

Tetapi nama-nama besar seperti Nikola Kalinic dan Nemanja Nedovic tersisih dari pemain pilihan pelatih kepala Aleksandar Djordjevic.

Para pemain Serbia akan memulai pemusatan latihan di pegunungan Kopaonik mulai 21 Juli, sebelum menjalani sejumlah laga persahabatan dan Piala Acropolis di Yunani sebagai persiapan akhir menyongsong Piala Dunia FIBA.

Baca juga: Dua bintang NBA dan satu rekrutan anyar warnai saringan roster Italia

Mereka akan menghadapi klub lokal Borac Cacak pada 4 Agustus, kemudian Finlandia (7 Agustus), Lithuania (10 dan 12 Agustus), bermain di Piala Acropolis (16-18 Agustus), menghadapi Italia (23 Agustus), Selandia Baru (25 Agustus) dan Prancis (27 Agustus).

Di China mereka tergabung dengan Italia, Angola dan Filipina di Grup D dan bakal menghadapi Angola dalam laga pembukaan turnamen pada 31 Agustus di Foshan.

Daftar 18 pemain roster saringan lanjutan timnas Serbia:

Aleksa Avramovic (guard), Boban Marjanovic (center), Bogdan Bogdanovic (guard), Dejan Todorovic (forward), Dragan Milosavljevic (guard), Marko Guduric (guard/forward), Marko Simonovic (forward), Milan Macvan (forward) Milos Teodosic (guard), Miroslav Raduljica (center), Nemanja Bjelica (forward), Nikola Jokic (center), Nikola Milutinov (center), Ognjen Kuzmic (center), Stefan Bircevic (forward), Stefan Jovic (guard), Vasilije Micic (guard), Vladimir Lucic (forward)

Pelatih kepala: Aleksandar Djordjevic

Baca juga: Bradley Beal bidik satu tempat roster AS untuk Piala Dunia

 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2019