counter

Piala Afrika

Mane cetak dwigol kirim Senegal ke 16 besar

Mane cetak dwigol kirim Senegal ke 16 besar

Bintang tim nasional Senegal Sadio Mane merayakan golnya ke gawang Kenya dalam laga pamungkas penyisihan Grup C Piala Afrika 2019 di Stadion 30 Juni, Kairo, Mesir, Senin (1/7/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Suhaib Salem)

Jakarta (ANTARA) - Bintang tim nasional Senegal, Sadio Mane, mengemas dwigol saat membantu mengalahkan Kenya 3-0 dalam laga pamungkas penyisihan Grup C Piala Afrika 2019 di Stadion 30 Juni, Kairo, Mesir, Selasa dini hari WIB, sekaligus mengirimkan timnya lolos ke babak 16 besar.

Kedua gol Mane melengkapi gol pembuka Senegal yang dicetak oleh bintang Liga Prancis Ismaila Sarr, demikian catatan laman resmi turnamen.

Mane sebetulnya berpeluang untuk mengemas trigol, jika saja eksekusi penaltinya di babak pertama tak diselamatkan kiper Patrick Matasi, membuat keadaan buntu hingga satu jam pertandingan berjalan.

Sarr, pemain Rennes itu, memecahkan kebuntuan pada menit ke-63 lewat tendangan kaki kananya menyelesaikan umpan silang kiriman Lamine Gassama.

Gol itu seolah membuka kran gol pertandingan yang sempat mampat. Delapan menit setelah gol Sarr, Senegal melancarkan serangan balik usai mengantisipasi sepak pojok Kenya.

Sebuah umpan jauh Gassama berhasil diamankan oleh Mane yang merangsek hingga ke tepian kotak penalti sebelum menaklukkan Matasi dan menggandakan keunggulan Senegal 2-0.

Baca juga: Ringkasan Grup A, kesempurnaan "Pasukan Firaun"

Pada menit ke-76, Philemon Otieno menjatuhkan Sarr di dalam kotak penalti. Otieno menerima kartu kuning kedua dan diusir dari lapangan oleh wasit Ghead Grisha, sedangkan Senegal memperoleh hadiah tendangan penalti.

Kendati gagal dalam eksekusi penalti pertamanya, Mane tak gentar menghadapi bola lagi dan kali ini sukses menaklukkan Matasi untuk memperbesar keunggulan Senegal 3-0.

Kemenangan 3-0 menempatkan Senegal di urutan kedua klasemen akhir Grup C dengan koleksi enam poin di bawah Aljazair yang mengamankan sembilan poin penuh. Keduanya lolos ke babak 16 besar.

Sedangkan Kenya yang berakhir di urutan ketiga harus menunggu hasil pamungkas dua Grup E dan F sebelum nasibnya jelas.

Ironisnya kekalahan Kenya membuat Republik Demokratik Kongo lolos ke babak 16 besar meraih tiket kedua dari empat yang tersedia untuk tim-tim peringkat ketiga terbaik.

Di babak 16 besar Senegal akan bertemu runner up Grup A Uganda dalam pertandingan di Stadion Internasional Kairo pada Sabtu (6/7) dini hari WIB.

Baca juga: Ringkasan Grup B, kejutan Lakon Upik Abu ala Madagaskar

Baca juga: Ringkasan Grup D, Singa Atlas sempurna tapi minim gol

Susunan pemain:

Kenya (4-5-1): Patrick Matasi; Philemon Otieno, Musa Mohammed, Joseph Okumu, Omar Khamis; Ayub Masika (Bernard Ochieng), Johanna Omolo, Victor Wanyama, Dennis Odhiambo (John Avire), Eric Ouma; Michael Olunga
Pelatih: Sebastien Migne

Senegal (4-2-3-1): Alfred Gomis; Lamine Gassama, Cheikhou Kouyate, Kalidou Koulibaly, Saliou Ciss; Alfred N'Diaye, Idrissa Gana Gueye (Krepin Diatta); Ismaila Sarr, Henri Saivet, Sadio Mane; M'Baye Niang (Moussa Konate)
Pelatih: Aliou Cisse

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar