Penyelenggaraan berbagai kegiatan, termasuk OSN, telah membawa berkat bagi perekonomian masyarakat di daerah ini
Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengusulkan penambahan tenaga guru di provinsi berpenduduk lebih dari 2,6 juta jiwa itu kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan guna mendukung peningkatan pembangunan pendidikan di daerah itu.

"Saat ini hampir setiap hari selalu ada guru yang pensiun di daerah ini," kata dia di Manado, Selasa.

Usulan penambahan guru tersebut disampaikan Gubernur Olly Dondokambey kepada Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Didik Suhardi yang menghadiri pelaksanaan Olimpiade Siswa Nasional 2019 di Manado, Ibu Kota Provinsi Sulut.

Sektor pendidikan, menurut politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu, terus didorong kemajuannya hingga ke semua kabupaten dan kota di Provinsi Sulawesi Utara.

Gubernur Olly juga menyampaikan bahwa Pemprov Sulut dan seluruh masyarakat setempat memberikan apresiasi atas penyelenggaraan OSN 2019 dengan lokasi di sejumlah kabupaten dan kota di daerah tersebut.

"Kami ucapkan terima kasih kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang telah mempercayakan Provinsi Sulut sebagai tuan rumah pelaksanaan OSN SMA Tahun 2019,” kata dia.

Ia mengatakan pelaksanaan OSN dan kegiatan kelas nasional lainnya membawa keuntungan bagi sektor pariwisata di Provinsi Sulut.

"Penyelenggaraan berbagai kegiatan, termasuk OSN, telah membawa berkat bagi perekonomian masyarakat di daerah ini," kata Olly.

Olimpiade Siswa Nasional SMA pada 2019 diikuti 685 siswa berasal dari seluruh wilayah Indonesia, sedangkan Provinsi Sulut mengikutsertakan 26 siswa pada kegiatan itu.

Sebanyak sembilan mata pelajaran yang dilombakan, yaitu Kimia, Geografi, Informatika, Biologi, Ekonomi, Kebumian, Fisika, Matematika, dan Astronomi.

Lokasi pelaksanaan lomba, yaitu di SMA Eben Haezar Manado, SMA Negeri 1 Manado, SMA Negeri 9 Manado, SMA Rex Mundi Manado, SMA St. Nikolaus Tomohon, SMA MIS Kolongan, SMK Negeri 1 Manado, dan SMK Negeri 2 Manado.

Baca juga: Presiden terpilih diminta perhatikan kesejahteraan guru kontrak
Baca juga: Guru pedalaman Papua prihatin dengan anak-anak usia sekolah

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019