Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari merilis prakiraan cuaca yang terjadi pada hari ini dan Rabu (3/7) di wilayah Sulawesi Tenggara yang kembali mengalami hujan ringan hingga lebat.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Maritim BMKG Kendari Adi Istiyono di Kendari, Selasa, mengungkapkan sejumlah wilayah kabupaten kota di Sultra kembali mengalami hujan setelah lebih dari sepekan terakhir cuacanya cerah.

Ia mengatakan pada pagi hari, berpotensi hujan ringan di wilayah Kendari, Konawe Utara, Konawe Selatan, Konawe Kepulauan, Buton Utara, Muna, Muna Barat, dan Bombana.

Pada siang dan sore hari, kata dia, berpotensi terjadi hujan sedang di wilayah Konawe Selatan, Kendari, dan Konawe, sedangkan hujan ringan di wilayah Kolaka Timur dan Konawe Utara.

Pada malam hari, lanjut Adi Istiyono, umumnya wilayah Sultra berawan kecuali di wilayah Kolaka Utara yang berpotensi hujan ringan.

Suhu udara berkisar 22-31 derajat Celsius dengan kelembaban udara 70-95 persen, sedangkan angin bertiup dari timur ke selatan dengan kecempatan  2-30 kilometer per jam.

Hingga berita ini ditulis, kondidi wilayah Kota Kendari dan beberapa kabupaten di Sultra mengalami hujan ringan yang terjadi sejak sekitar pukul 06.00 Wita. Hingga pukul 13.45 Wita daerah setempat masih mengalami hujan dengan intensitas rendah.

Akan tetapi, di beberapa wilayah yang menjadi langganan banjir, seperti kawasan Sungai Wanggu Kelurahan Lepo-Lepo dan Wundudopi di Kecamatan Baruga, serta Kelurahan Anaiwoi, Kecamatan Wuawua, sebagian warga sudah mulai waspada karena air yang melewati drainase di halaman rumah mereka sudah meluap lagi.

Baca juga: Menantikan Sulawesi Tenggara bebas banjir
Baca juga: Pertamina: Pendistribusian BBM-LPG pascabanjir di Sultra pulih
Baca juga: DPRD Sultra: jangan saling tuding penyebab banjir

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019