counter

Info haji

Akibat sakit, dua calon haji Ogan Komering Ulu batal berangkat

Akibat sakit, dua calon haji Ogan Komering Ulu batal berangkat

Foto Dokumen: Jamaah haji kloter pertama embarkasi Palembang melakukan sujud syukur saat menginjakkan kaki di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan, Senin (27/8/2018) malam. Debarkasi Palembang menerima kepulangan 445 jamaah haji kloter pertama asal Kabupaten Lubuk Linggau dan Kapubaten Ogan Komering Ulu (OKU)Timur. (ANTARA FOTO/Feny Selly)

Dua orang calon haji yang batal berangkat karena sakit ini atas nama Nurbidah binti M Tani dan Hazalah bin Mashar, keduanya warga Kelurahan Kemelak Bindung Langit, Kecamatan Baturaja Timur
Baturaja (ANTARA) - Dua orang calon haji asal Kabupaten Ogan Komering Ulu, Provinsi Sumatera Selatan dipastikan batal berangkat ke Tanah Suci di Madinah dan Mekkah, Arab Saudi karena sakit.

"Dua orang calon haji yang batal berangkat karena sakit ini atas nama Nurbidah binti M Tani dan Hazalah bin Mashar, keduanya warga Kelurahan Kemelak Bindung Langit, Kecamatan Baturaja Timur," kata Kepala Kantor Kementerian Agama, Ogan Komering Ulu, Ishak Putih melalui Kasi Haji, Abdul Muis di Baturaja, Selasa.

Dia menjelaskan, dengan batalnya dua orang tersebut jumlah calon haji daerah itu ang akan diberangkatkan ke Tanah Suci tahun 2019 ini menjadi 430 orang guna menjalankan ibadah haji.

"Sebelumnya jumlah calon haji sebanyak 432 orang, kini menjadi 430 orang yang akan berangkat haji tahun ini," katanya.

Dia mengemukakan, para calon haji itu dijadwalkan bertolak dari Islamic Center Baturaja menuju Embarkasi Palembang pada 9 Juli 2019 pada pukul 21.00 WIB.

"Mereka akan menginap semalam dulu di Asrama Haji Palembang," katanya.

Selanjutnya kata dia, pada 11 Juli 2019 sekitar pukul 10.00 WIB sebanyak 430 calon haji gelombang I yang masuk kelompok terbang kelima ini diberangkatkan ke Madinah untuk menjalankan ibadah haji.

Sementara Kabag Kesra Setda Ogan Komering Ulu, Kadarisman secara terpisah sebelumnya menuturkan pemerintah daerah setempat mempersiapkan 11 unit bus serta empat "dump truck" guna mengangkut ratusan jemaah sekaligus mengirim koper menuju Asrama Haji Palembang.

"Pelepasan keberangkatan para calon haji ini akan dilepas langsung oleh Bupati Kuryana Azis," kata dia.

Dia juga memastikan, keberangkatan jamaah tidak akan mengalami keterlambatan dalam perjalanan meskipun arus lalu lintas di wilayah setempat saat ini sedang padat dampak dari pengalihan kendaraan melewati lintas tengah Kabupaten Ogan Komering Ulu akibat jembatan di Mesuji, Provinsi Lampung ambruk beberapa waktu lalu.

"Karena kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan ang mempersiapkan jalur alternarif yaitu melewati jalan cor Batukuning guna menghindari kemacetan kendaraan," katanya.

Baca juga: Manasik diikuti ribuan calon haji di Palembang

Baca juga: Daftar tunggu calon jamaah haji OKU sampai 13 tahun

Baca juga: Calon haji OKU diimbau gunakan masker antisipasi MERS-CoV Saudi

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

189 jamaah haji asal Kota Madiun tiba di kampung halaman

Komentar