Jakarta (ANTARA) - Meksiko membutuhkan penalti Raul Jimenez pada menit ke-93 untuk membawa mereka mengalahkan Haiti pada pertandingan semifinal Piala Emas 2019 yang dimainkan di Stadion State Farm, Glendale, AS pada Selasa siang WIB.

Kemenangan 1-0 ini membawa mereka melaju ke final, untuk selanjutnya berhadapan dengan Jamaika atau AS yang baru akan bertanding besok, demikian catatan pertandingan di laman resmi turnamen.

El Tri kesulitan menciptakan peluang pada babak pertama ketika Haiti bertahan habis-habisan.

Roberto Alvarado menyia-nyiakan peluang dengan melepaskan sepakan melebar pada menit ke-10, sebelum sepakan jarak dekat Jimenez melambung di atas mistar gawang.

Haiti tampil dengan terorganisir dan membuat Meksiko frustrasi. Sang juara Piala Emas sebanyak sepuluh kali ini juga dibuat kesulitan untuk melepaskan tembakan pada 45 menit pertama.

Jesus Gallardo dan Jonathan dos Santos gagal memasukkan bola ke gawang melalui sepakan-sepakannya, sedangkan sundulan Jimenez pada menit ke-35 dapat digagalkan dengan mudah oleh kiper Johny Placide.

Haiti juga memiliki peluang, mereka sempat mengancam pada awal babak kedua ketika sepakan Frantzdy melebar pada menit ke-49.

Andres Guardado menjadi pemain selanjutnya yang meneror gawang Haiti, melalui tendangan bebasnya yang dapat ditepis Placide.

Skor imbang tanpa gol memaksa pertandingan harus diteruskan dengan perpanjangan waktu. Meksiko akhirnya mampu memecah kebuntuan melalui penalti kontroversial Jimenez.

Sang penyerang terjatuh di kotak penalti karena terjadi sedikit kontak dengan pemain lawan, sebelum ia sukses mengeksekusi penalti.

Upaya gagah berani Haiti berlanjut sampai akhir perpanjangan waktu ketika mereka hampir menyamakan kedudukan pada menit ke-119, ketika sepakan Mikael Cantave membentur mistar gawang saat kiper Guillermo Ochoa tidak mampu menjangkau bola. Di kubu Meksiko, Luis Montes gagal memasukkan bola ke gawang yang sudah terbuka lebar.

Susunan pemain:

Meksiko (4-3-3): Guillermo Ochoa, Luis Rodriguez, Carlos Salcedo, Hector Moreno, Jesus Gallardo, Jonathan dos Santos (Luis Montes 105'), Edson Alvarez (Diego Reyes 91'), Andres Guardado (Carlos Rodriguez 68'), Roberto Alvarado (Carlos Antuna 68'), Raul Jimenez, Rodolfo Pizarro

Haiti (4-3-3): Johny Placide, Carlens Arcus, Andrew Jean Baptiste, Jems Geffrard, Alex Christian, Wilde-Donald Guerrier (Mikael Cantave 100'), Steeven Saba (Zachary Herivaux 100'), Bryan Alceus, Herve Bazile, Frantzdy Pierrot (Jonel Desire 83'), Duckens Nazon (Derrick Etienne 69')

Baca juga: Meksiko ke semifinal lewat kemenangan adu penalti

Baca juga: Haiti singkirkan Kanada untuk melaju ke semifinal Piala Emas

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019