Jakarta (ANTARA) - Academy of Motion Pictures Arts and Sciences mengundang 824 anggota baru dari 59 negara ke dalam organisasi Oscars, dan untuk pertama kalinya mencapai kesetaraan gender, demikian dilansir Time yang dikutip Rabu.

Setengah dari anggota baru itu adalah perempuan. Pada 10 dari 17 cabang - termasuk cabang penyutradaraan, penulisan dan produksi - lebih banyak wanita daripada pria yang diundang.

Anggota baru tahun ini juga mencakup 29 persen orang kulit berwarna.

Itu adalah perubahan haluan penting bagi sebuah organisasi yang telah berusaha untuk mengubah peringkatnya setelah kritik untuk nominasi akting yang semuanya berkulit putih pada 2015 dan 2016.

Sejak 2015, keanggotaan perempuan di organisasi itu telah tumbuh dari 25 persen saja menjadi 32 persen. Sementara keanggotaan orang kulit berwarna secara keseluruhan naik dua kali lipat dari 8 persen menjadi 16 persen.

Untuk membantu perombakan cepat di Academy, mereka mengundang 928 anggota pada tahun lalu. Meskipun lebih kecil, namun jumlah anggota tahun ini terbanyak dalam 92 tahun sejarahnya.

Para undangan baru termasuk Lady Gaga, Sterling K. Brown, Claire Foy, Letitia Wright, Tom Holland dan Adele. Sutradara yang baru diundang termasuk pembuat film "Crazy Rich Asia" Jon Chu, sutradara "The Babadook" Jennifer Kent dan duo pembuat film Phil Lord dan Chris Miller.

Jika sebagian besar menerima undangan mereka, akademi film itu akan berjumlah lebih dari 9.000 anggota.

Academy Awards tahun depan akan diadakan pada 9 Februari, beberapa minggu lebih awal dari biasanya.

Baca juga: Sineas: Tidak ada yang istimewa dari Piala Oscar 2019

Baca juga: Olivia Colman jadi aktris terbaik Oscar 2019

 

Penerjemah: Ida Nurcahyani
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2019