Planetarium Jakarta buka jadwal peneropongan planet bulan ini

Planetarium Jakarta buka jadwal peneropongan planet bulan ini

Seorang staf Planetarium Jakarta menjelaskan astronomin kepada sejumlah pengunjung anak-anak di Planetarium Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2019). (ANTARA/Arindra Meodia)

Jakarta (ANTARA) - Planetarium dan Observatorium Jakarta, di Taman Ismail Marzuki, membuka jadwal peneropongan planet untuk umum yang akan dimulai pada 5 Juli hingga 16 Juli 2019. "Objeknya bulan, Planet Jupiter, Saturnus," ujar staf Planetarium Jakarta, Ronny Syamara, di Planetarium Jakarta, Rabu.

Tanggal tersebut dipilih sesuai dengan kondisi yang bagus untuk melihat permukaan bulan saat fase bulan belum mencapai purnama. Pada saat itu, menurut dia, planet-planet juga akan terlihat jelas.

Lebih lanjut, kata dia, registrasi kegiatan, yang rutin dilakukan tiap bulan itu, akan dibuka mulai pukul 18.30 WIB sampai pukul 20.00 WIB. "Registrasi gratis, langsung di lobby Planetarium. Nanti dipanggil ke atas sampai habis, yang dibatasi waktu registrasi," kata dia.

Peneropongan planet dijadwalkan akan dilanjutkan dengan peneropongan gerhana bulan pada 16 Juli malam hingga tanggal 17 Juli dini hari. "Ada gerhana bulan parsial, itu kita rencana di sini. Ada beberapa teleskop yang akan kita sediakan. Sampai saat ini yang baru kita data 9-10 unit," kata dia.

Selain mendapat fasilitas alat bantu teleskop, warga yang datang mengamati bulan dan planet akan ditemani oleh instruktur untuk menjelaskan informasi mengenai keantariksaan. "Masyarakat banyak yang tidak tahu juga planet dan bintang bedanya apa. Di sini akan kami jelaskan," ujar dia.

Juga baca: Astronom Planetarium Jakarta sulit amati bintang karena polusi cahaya

Juga baca: Planetarium berjalan Indonesia diminati warga Laos

Juga baca: Warga padati Planetarium Jakarta, sudah datang sejak 01.00 WIB

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Jefri Nichol divonis pidana 7 bulan

Komentar