Pengamat: sejumlah sektor strategis bagi menteri muda Jokowi

Pengamat: sejumlah sektor strategis bagi menteri muda Jokowi

Jokowi sebut Kabinet Kerja Jilid II fokus tiga hal (Hanni Sofia)

Jakarta (ANTARA) - Pengamat politik Ade Reza Hariyadi menilai Presiden Joko Widodo dapat melibatkan figur muda dalam kabinet mendatang, untuk berperan di sejumlah sektor strategis yakni perdagangan, industri, teknologi, dan informasi, serta pariwisata.

"Sektor strategis seperti perdagangan dan industri, teknologi dan informasi, maupun pariwisata dapat menjadi kesempatan bagi Jokowi untuk melibatkan figur muda dalam kabinetnya," kata Ade Reza di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Pengamat nilai menteri dari kalangan muda cocok untuk tim ekonomi

Sebelumnya Presiden Jokowi menyampaikan akan mempertimbangkan figur muda untuk menjabat sebagai menteri di kabinet mendatang.

Menurut Ade Reza, langkah Jokowi tersebut cukup strategis sebagai bentuk kaderisasi politik.

Namun dia menyarankan postur kabinet mendatang tetap harus mempertimbangkan prioritas untuk merekrut figur muda yang kompeten.

Selain itu figur muda yang dipilih harus mampu menerjemahkan visi dan misi presiden terpilih, serta memiliki nilai tambah memperkuat efektifitas pemerintahan dan stabilitas sosial politik.

"Sepanjang ada figur muda dengan kualifikasi tersebut, Jokowi sebaiknya tidak ragu untuk merekrutnya karena juga dapat menjadi langkah strategis untuk kaderisasi politik," ujar dia.

Dia mengatakan keberadaan figur muda juga akan menjadi sinyal bagi masyarakat bahwa Jokowi menaruh perhatian terhadap kepentingan bangsa di masa yang akan datang.

Baca juga: TKN: Jokowi segera susun anggota kabinet periode 2019-2024
Baca juga: Pengamat usulkan tim ekonomi kabinet Jokowi dari profesional

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Nurul Hayat
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Jokowi minta persiapan optimal Piala Dunia FIBA 2023

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar