counter

Psikolog: Anak diberi ruang kreativitas

Psikolog: Anak diberi ruang kreativitas

Ilustrasi - Seorang staf Planetarium Jakarta menjelaskan astronomin kepada anak-anak di Planetarium Jakarta, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2019). (ANTARA/Arindra Meodia)

kalau di rumah, banyak anak yang corat-coret tembok. Sebenarnya hal itu bagus, karena anak sedang melakukan eksplorasi
Jakarta (ANTARA) - Psikolog anak Samanta Ananta mengatakan perlunya menyediakan ruang kreativitas bagi anak supaya membuat mereka berkembang lebih baik.

"Anak perlu diberi ruang kreativitas. Misalnya kalau di rumah, banyak anak yang corat-coret tembok. Sebenarnya hal itu bagus, karena anak sedang melakukan eksplorasi," ujar Samanta dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Ia menambahkan orang tua hendaknya mengajarkan anak bertanggung jawab dan juga memberikan area khusus untuk melakukan kegiatan corat-coret.

Menurut dia, kegiatan corat-coret penting ditanamkan sejak dini karena memiliki dampak positif pada kebahagiaan dan masa depan anak.

Penelitian menyebutkan bahwa ada hubungan positif antara anak yang melakukan seni pada masa kecil dengan kesuksesannya pada masa depan.

Artis peran Bunga Citra Lestari (BCL) mengaku memberikan ruang kreativitas untuknya dengan membiarkan anaknya berkreasi di dinding rumah.

BCL menyebut saat ini banyak cat tembok yang coretannya bisa dihapus seperti cat tembok Supersilk Anti Noda dari Avian Brands.

“Noah itu anaknya suka gambar dan kita gak mau batasin dia. Kadang tembok juga ikut di corat-coret, itu sudah pasti membekas dan agak sulit dibersihkan," kata BCL tentang anak semata wayangnya itu.

Cat itu memberikan perlindungan maksimal dari segala jenis noda, seperti noda berasal dari alam (tanah, debu), noda kuliner (cipratan minuman, saos, kecap), ataupun noda kreativitas (coretan pensil warna, crayon, kapur) dapat dengan mudah dibersihkan.

Baca juga: Festival kreativitas anak autis "Funtaustic" perdana digelar
Baca juga: Anak-anak muda akan unjuk kreativitas di HelloFest 9
Baca juga: Jokowi beli jaket di Ideafest, apresiasi kreativitas anak muda Indonesia

Pewarta: Indriani
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Motivator pelaku pemukulan siswa ditetapkan tersangka

Komentar