counter

Liga Inggris

Ndombele jadi pemain termahal Tottenham

Ndombele jadi pemain termahal Tottenham

Tanguy Ndombele menjadi pemain paling mahal Tottenham Hotspur setelah dibeli dari Lyon pada harga 70 juta euro (REUTERS/Stephane Mahe)

London, Inggris (ANTARA) - Tottenham Hotspur memecahkan rekor pembelian pemain paling mahal klub ini ketika Selasa waktu setempat resmi membeli gelandang Timnas Prancis Tanguy Ndombele dari Lyon dengan fee yang bisa mencapai 70 juta euro (63 juta pound).

Lyon memastikan bahwa fee awal akan senilai 60 juta euro ditambah bonus 10 juta euro. Rekor pemain termahal Tottenham sebelum ini adalah 42 juta pound ketika mereka membeli bek Davinson Sanchez pada 2017.

"Kami dengan gembira mengumumkan penandatanganan kontrak Tanguy Ndombele," tulis Tottenham dalam pernyataannya seperti dikutip Reuters.

"Gelandang tengah internasional Prancis itu sudah menandatangani kontrak dengan klub ini sampai 2025."

Kedatangan Ndombele hanya beberapa jam setelah Spurs melakukan pembelian pemainnya yang pertama dalam 18 bulan terakhir dengan menggaet pemain sayap Jack Clarke dari Leeds.

Baca juga: Lyon beli Mendes setelah jual pemain muda

Clarke yang masih berusia 18 tahun akan dipinjamkan lagi kepada Leeds di Liga Championship musim depan. Membeli Ndombele yang diburu klub-klub besar Eropa adalah isyarat ambisi kuat Tottenham yang sejak musim lalu pindah ke stadion baru berkapasitas 62.000 tempat duduk.

Bos Spurs Mauricio Pochettino telah menantang klubnya untuk memenuhi ambisi dia setelah mencapai final Liga Champions yang pertama kali bagi klub ini.

"Kami mesti mengambil langkah itu," kata Pochettino setelah tuntas pada urutan keempat klasemen Liga Premier. "Kami sadar kami bisa terus dalam proses ini, kami bisa mensejajarkan Tottenham dengan tim-tim besar di dunia."

Pochettino telah mengubah peruntungan Spurs selama lima tahun melatih klub ini dengan musim depan sebagai musim keempatnya membawa klub ke Liga Champions.

Namun pelatih asal Argentina itu belum berhasil mempersembahkan satu pun trofi selama karir kepelatihannya.

Baca juga: Yaya Toure berlabuh di divisi dua China

Tottenham memerlukan penguatan lapangan tengah setelah Mousa Dembele pindah ke China pada Januari lalu.

Ndombele (22) menjadi bintang setelah Lyon mencapai 16 besar Liga Champions musim lalu dan finis urutan ketiga Ligue 1.

Pemasukan yang didapatkan dari penjualan Ndombele sangat besar untuk Lyon yang mendapatkan Ndombele dari Amiens dalam banderol cuma delapan juta euro sekitar 12 bulan lalu setelah melewati musim yang sukses sebagai pemain pinjaman di Lyon.

Ndombele sudah 96 kali tampil untuk Lyon dengan mencetak empat gol dan 16 assist serta enam kali membela juara dunia Prancis, demikian Reuters.

Baca juga: Benitez siap ciptakan hal besar di Dalian Yifang

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Atman Ahdiat
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar