Jalan tol ini sudah dinanti untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan memperlancar arus transportasi masyarakat
Banda Aceh (ANTARA) - Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengatakan pembangunan Jalan Tol Banda Aceh-Sigli, yang termasuk proyek strategis nasional (PSN), berjalan lebih cepat dari target.

"Sesuai hasil kunjungan di lapangan pembangunan ruas jalan tol berjalan dengan baik dan lebih cepat dari target," katanya di sela meninjau Jalan Tol Banda Aceh-Sigli di Aceh Besar, Rabu.

Dalam kunjungan ke lokasi pembangunan tersebut, Nova mengatakan ada beberapa masalah yang sudah dipetakan dan dibuat komitmennya, sehinga ketika ada masalah langsung ada komunikasi di semua tingkatan pemerintah lrovinsi, kabupaten hingga gampong, termasuk BUMN dan kontraktor.

"Saya juga minta pihak swasta baik di Aceh Besar dan Pidie untuk sama-sama mendukung PT Adhi Karya," kata Nova yang turut didampingi Bupati Aceh Besar Mawardi Ali.

Menurut dia, ada beberapa masalah yang masih belum terselesaikan terkait pembebasan lahan, izin, rekomendasi dan bahan material pada pembangunan Tol Banda Aceh -Sigli sepanjang 74 kilometer itu.

"Ada beberapa banding terkait dengan pembebasan lahan, tapi hanya 6 orang, mungkin ada 16 bidang tapi semua bandingnya sudah ditolak tinggal teknis untuk menitip ke pengadilan," katanya.

Nova juga menambahkan persoalan terkait teknis akan butuh banyak sekali material jadi Adhi Karya selaku kontraktor utama meminta pemerintah untuk bersama-sama mengantisipasinya.

"Saya minta pengusaha lokal di Banda Aceh dan Aceh Besar ikut berkoordinasi dengan asosiasi masing-masing nanti duduk sama Adhi Karya untuk membuat kerja sama sebelum masalah kekurangan material terjadi. Saya minta pemilik galian C diidentifikasi supaya cepat mengantisipasi sebelum terjadi masalah," katanya.

Nova juga mengatakan bahwa pelaksanaan jalan tol ini sudah diperhitungkan dengan baik agar nantinya jalan tol ini tidak mengganggu akses lokal.

Mawardi Ali mengaku puas dengan kemajuan pembangunan jalan tol ruas Banda Aceh-Aceh Besar-Sigli tersebut, karena kehadiran jalan tol ini sudah dinanti untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan memperlancar arus transportasi masyarakat.

Baca juga: 47 bidang tanah di Seksi 4 Tol Banda Aceh-Sigli belum dikerjakan
Baca juga: Seksi 4 Pembangunan Jalan Tol Banda Aceh-Sigli Terus Dikebut
Baca juga: Seksi 3 Tol Banda Aceh-Sigli masuki tahap pembersihan

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019