Harus punya rekam jejak yang baik, tidak hanya cuma bilang bisa, tapi juga bisa menjalankan dan tahu apa yang terjadi di lapangan
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Khamdani menyambut baik rencana Jokowi yang akan melibatkan kalangan muda dalam jajaran kabinetnya.

Faktor usia, menurut Shinta, saat ditemui di Jakarta, Rabu, bukan menjadi tolak ukur dalam menilai kemampuan seseorang layak untuk menjabat sebagai menteri dalam jajaran kabinet di pemerintahan.

Dia menggarisbawahi bahwa ada beberapa faktor penting yang bisa menjadi pertimbangan Jokowi sebelum memilih anak muda sebagai menteri.

"Profesionalisme itu penting. Kemudian dia harus punya rekam jejak yang baik, tidak hanya cuma bilang bisa, tapi juga bisa menjalankan dan tahu apa yang terjadi di lapangan," ujar Shinta.

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa siapapun nanti yang akan dipilih menjadi menteri baik dari kalangan muda ataupun tua, memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi.

"Leadership di kementerian itu penting kalau tidak punya bagaimana bisa menjalankan. Ini tidak bisa coba-coba lagi benar-benar harus kerja," katanya.

Shinta menegaskan bahwa kabinet Jokowi periode kedua sudah harus langsung bekerja menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing setelah resmi dilantik.

Kalangan pengusaha, menurut dia, siap kapanpun untuk memberikan masukan kepada pemerintah terkait permasalahan yang tengah dihadapi.

Baca juga: Pesan Apindo ke Jokowi: Benahi sektor industri dan ketenagakerjaan
Baca juga: Pengamat nilai menteri dari kalangan muda cocok untuk tim ekonomi
Baca juga: Jokowi: Bisa saja Kabinet Kerja jilid II diisi anak muda

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019